Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi 24 Maret Pukul 17.44 Wita, Kolom Abu Mencapai 700 Meter

Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi 24 Maret Pukul 17.44 Wita, Kolom Abu Mencapai 700 Meter

Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT dilaporkan mengalami erupsi hingga melontarkan lava pijar disertai gemuruh kuat pada Minggu (26/3) dini hari.Antara Foto/Aken Udjan



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) erupsi Gunung Api IleLewotolok kembali terjadi pada tanggal 24 Maret 2023 pukul 17:44 WITA.

KESDM, Badan Geologi, Pvmbg PosPengamatan Gunungapi Ili Lewotolok melaporkan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 2.123 m di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. 

erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 36.9 mm dan durasi ± 54 detik. Letusan disertai dentuman sedang.

Saat ini G. Ili Lewotolok berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi:

1. Masyarakat di sekitar G. Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas G. Ili Lewotolok, dan masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran/longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak/ kawah G. Ili Lewotolok.

2. Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik maka masyarakat yang berada di sekitar G. Ili Lewotolok dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

3. Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Ili Lewotolok agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Sumber: KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Ili Lew



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama