Jangan Lewatkan Puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023 di NTB dan NTT, Ini Jam dan Durasinya

Jangan Lewatkan Puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023 di NTB dan NTT, Ini Jam dan Durasinya

Ilustrasi - Simak Puncak Gerhana Matahari Hibrida 2023 di NTB dan NTT, (Freepik - kjpargeter)


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Jangan lewatkan fenomena Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi di Indonesia pada 20 April 2023.

Gerhana Matahari Hibrida tersebut dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali wilayah NTB dan NTT.

Lalu, kapan waktu terjadinya puncak Gerhana Matahari Hibrida di wilayah NTB dan NTT?

Mengutip dari laman Brin.go.id, Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan ada pula yang mengalami Gerhana Matahari Cincin.

Kejadian tersebut disebabkan oleh kelengkungan bumi.

Gerhana Matahari Hibrida akan berlangsung selama 3 jam 5 menit mulai dari durasi kontak awal hingga akhir jika diamati dari Biak, dengan durasi fase tertutup total 58 detik.

Sementara itu jika diamati dari Jakarta, durasi dari kontak awal hingga akhir adalah 2 jam 37 menit. Namun jika diamati dari Jakarta, persentase tertutupnya matahari hanya sebesar 39 persen.

Meski demikian, masyarakat diimbau agar tidak melakukan pengamatan tanpa adanya filter khusus matahari.

Sebab, pengamatan tanpa filter matahari dapat membuat gangguan kesehatan mata secara serius, bahkan pada taraf tertentu dapat menyebabkan kebutaan.

Berdasarkan data dari BMKG, berikut jadwal dan waktu terjadinya puncak Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023 di wilayah NTB dan NTT.

- Nusa Tenggara Barat (NTB)

Gerhana di NTB akan dimulai pada pukul 10.29 WITA, puncak gerhana terjadi pada pukul 11.58 WITA, dan gerhana akan berakhir pada pukul 13.38 WITA.

Durasi gerhana yang teramati di NTB rata-rata adalah 3 jam 2 menit.

- Nusa Tenggara Timur (NTT)

Gerhana di NTT akan dimulai pada pukul 10.31 WITA, puncak gerhana terjadi pada pukul 12.02 WITA, dan gerhana akan berakhir pada pukul 13.52 WITA.

Durasi gerhana yang teramati di NTT rata-rata adalah 3 jam 8 menit.

Demikian informasi seputar jadwal dan waktu terjadinya Gerhana Matahari Hibrida dari awal hingga puncak di wilayah NTB dan NTT.



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama