Seram! Inilah 5 Wilayah di NTT Konon Paling Banyak Ditemukan Suanggi

Seram! Inilah 5 Wilayah di NTT Konon Paling Banyak Ditemukan Suanggi





Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)SETIDAKNYA ada 5 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang konon banyak ditemukan suanggi. Benarkah demikian?

Sekadar diketahui, suanggi merupakan sebutan untuk hantu khas Indonesia bagian timur, termasuk NTT.

Banyak mitos yang mengatakan jika suanggi ini merupakan bentuk dari roh jahat yang mengembara untuk memangsa manusia.

Di lain sisi, suanggi dipercayai sebagai sejenis ilmu hitam atau dukun yang bisa membunuh orang yang tidak disukai.



Nah, berikut SetapakRai Numbei melansir dari Okezone yang merangkum 5 daerah yang disebut-sebut memiliki banyak suanggi di bumi NTT;

1. Pulau Alor

Pulau Alor yang indah dan memiliki banyak bahasa daerah ini dikenal dengan nama The King of Swanggi Island. Pemberian nama tersebut karena konon di Pulau Alor terdapat banyak suanggi.

2. Atambua, Kabupaten Belu

Kabupaten Belu memiliki kisah tersendiri mengenai suanggi dan Atambua. Atambua sendiri berasal dari kata Ata yang berati hamba dan Bua yang berarti suanggi.

Sehingga jika disatukan maka Atambua berarti tempatnya hamba-hamba suanggi. Karena, konon para raja kerap membuang para suanggi yang mengganggu masyarakat ke tempat ini.

3. Adonara, Pulau Flores

Adonara di Pulau Flores memiliki berbagai kisah tentang suanggi. Konon banyak suanggi yang tertangkap basah oleh warga karena sedang menjalankan aksinya.

Ada juga kisah suanggi yang diusir dari kampungnya, rumahnya dibakar, bahkan hingga dibakar oleh warga.

Sebelum melakukan aksinya, suanggi biasanya akan mengadakan ritual dengan cara menari di tempat terbuka di bawah cahaya bulan purnama. Hal ini dilakukan agar kekuatan dan kekebalan tubuhnya meningkat.

4. Pulau Rote

Banyak yang percaya jika di Pulau Rote terdapat banyak suanggi, bahkan konon yang terbanyak di NTT. Hal ini karena banyak orang sakit secara tiba-tiba dan tidak wajar hingga meninggal dunia.

Konon, suanggi hidup tidak normal dengan tidak mengurus diri dan jarang bersosialisasi dengan orang lain. Namun, terkadang suanggi hidup normal dan membaur dengan masyarakat.

5. Pulau Semau

Pulau Semau atau Pulau Mistik merupakan salah satu pulau yang dianggap angker di NTT. Tempat yang gersang dan kering ini tidak dihuni oleh banyak penduduk.

Sebaliknya, Pulau Semau memiliki banyak misteri. Konon Pulau Semau dihuni oleh orang-orang sakti mandraguna yang memiliki suanggi.*** okezone.com

 


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama