Wartawan yang Muat Berita Istri Wabup Malaka Selingkuhi Dokter dan Anggota DPRD Diadukan ke Polda NTT

Wartawan yang Muat Berita Istri Wabup Malaka Selingkuhi Dokter dan Anggota DPRD Diadukan ke Polda NTT

Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin didampingi kuasa hukumnya Melkianus Contterius Seran  bersama para wartawan berada di SPKT Polda NTT, Jumat 26 Mei 2023.



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Dua orang oknum wartawan media online di Kabupaten Malaka, Provinsi  Nusa Tenggara Timur diadukan oleh Wakil Bupati Malaka,  Louise Lucky Taolin, Jumat 26 Mei 2023. Keduanya menulis berita dugaan perselingkuhan isteri Wakil Bupati Malaka dengan salah seorang dokter ASN asal Malaka dan dua oknum anggota DPR.  

"Pihaknya sudah masukan surat pengaduan ke Polda NTT. Setelah itu kita laporkan lagi ke Dewan Pers di Jakarta," ucap Kim Taolin yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Malaka dalam press release yang diterima POS-KUPANG.COM, Jumat malam 26 Mei 2023.

Surat pengaduan yang dimasukkan ke Polda NTT tersebut masih diproses, sehingga pihaknya menunggu disposisinya. 

"Sebagai manusia biasa tentunya terpukul dengan pemberitaan tersebut dan yang jelas ia sebagai pejabat publik merasa dirugikan," akuinya.

"Mengapa ia mengakui kalau dirinya dirugikan akibat pemberitaan tersebut karena situasi saat ini adalah situasi politik. Tapi karena sudah adukan ke pihak kepolisian, sehingga ia berharap agar diproses sesuai hukum yang berlaku," tambahnya. 

Orang nomor dua di Kabupaten Malaka ini mengaku, menghormati pekerja pers sebab pekerjaan ini adalah mulia. Namun ia merasa pemberitaan tersebut menyerang keluarganya dan privasinya," demikian. 

Baginya, semua orang tentunya sama di mata hukum. Dan, ia mengklaim langkah hukum ini bukan untuk mengkriminalisasi pers dan menghalangi kemerdekaan pers. Tetapi ada prinsip keadilan yang harus dicari Kim Taolin selaku Wakil Bupati Malaka.

“Saya hormati benar posisi kawan kawan wartawan terutama jurnalis, Sebab profesi ini adalah profesi mulia, yang tentu dalam menjalankannya ada prinsip dan aturan yang wajib ditaati terutama mengenai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan kode etik. Artinya dalam menjalankan tugas, pers harus memiliki fakta yang akurat serta nara sumber yang kredibel,” papar Kim Taolin

Menurutnya, prinsip itu tidak dijalankan dengan benar, di mana narasumber tidak jelas. Isu yang diangkat pun ia nilai tidak benar.

“Saya tidak diberikan kesempatan untuk lakukan klarifikasi.  Saya dimintai tanggapan entah posisi CB selaku wartawan atau adik yang hanya menyapa lewat WhatsApp setelah berita diterbitkan,” tegasnya.

Soal Somasi

Kim menjelaskan alasannya  tidak menggunakan hak jawab, klarifikasi dan somasi. Hak itu tidak dipakainya karena berita diturunkan baru dia dimintai konfirmasi maupun tanggapan.

 “Artinya saya berkesimpulan bahwa wartawan yang bersangkutan tidak cukup cakap dalam menjalankan profesinya,” katanya.

“Untuk itu ranah hukum menjadi media yang paling baik bagi saya dalam mencari keadilan. Saya sebagai Wakil Bupati Malaka meminta agar masyarakat Kabupaten Malaka tetap tenang dan jalankan aktivitas seperti biasa, tanpa terpengaruh dengan isu murahan ini. Saya selaku pelayan yang dipilih dalam Pilkada kemarin tetap konsisten menjalankan tugas, fungsi, tanggung jawab serta amanah rakyat malaka dengan baik dan bertanggung jawab,” beber Kim Taolin.

Kuasa hukum Wabup Kim Taolin, Melkianus Contterius Seran menjelaskan bahwa proses yang akan ditempuh selain laporan ke Polda adalah ke Dewan Pers.

Kata dia, surat laporan dan bukti-bukti sudah diserahkan ke Polda NTT dan akan berproses. Nantinya, Polda akan memberikan informasi jika berkembang menjadi Laporan Polisi.

 “Saya mendampingi beliau ke SPKT untuk melaporkan pidana pencemaran nama baik. Oleh dua media yakni Okenarasi dan kabarntt.com atas berita yang disebarkan melalui media sosial. Peristiwa ini membuat Wabup Malaka sangat terpukul,” ujar PH yang biasa disapa Guntur itu.

Dia mengatakan jika informasi yang disampaikan dalam pemberitaan bahwa isteri Wabup Malaka selingkuh itu tidak benar.

“Kami akan hadirkan bukti-bukti yang relevan. Sebelum menulis tidak pernah ada konfirmasi ke Pak Kim Taolin. Setelah sudah dipublikasikan baru dikonfirmasi. Langkah hukum tentunya akan kami lakukan. Langkah ini tidak main-main. Tuduhan-tuduhan itu tidak benar kami akan buktikan. Kami percaya sepenuh kepada APH di Polda,” tegasnya.

Kemudian, dalam keterangan redaksi Okenarasi siap hadapi laporan polisi yang dilayangkan oleh Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin.

"Sebagai pemilik media dan Warga Negara Indonesia yang taat hukum. Kita siap mengikuti proses hukumnya," demikian keterangan Oktavianus Seldy Berek alias CB selaku Owner Okenarasi yang juga Ketua Serikat Media Syber Indonesia (SMSI) Kabupaten Malaka.

Bahkan dirinya menegaskan akan hadir dan patuh guna perlancar proses hukum yang sedang dihadapi.

“Jika memang ada keperluan pemeriksaan, tentu kita siap berikan keterangan di institusi resmi yang mempunyai kewenangan untuk itu,” ujarnya. 

Menurut CB, dirinya hanya memberitakan terkait dugaan peristiwa yang terjadi di Rumah Jabatan Wakil Bupati Malaka.

"Sebagai wartawan kami bertugas mengumpulkan informasi. Dalam berita kami menduga - duga ada kejadian luar biasa yaitu dugaan KDRT akibat dugaan selingkuh. Sempat lakukan konfirmasi dan balasan pak wakil berbeda," ucap CB

Ia menegaskan, media miliknya tidak miliki kapasitas untuk membunuh publik figur seperti wakil Bapati Malaka yang merupakan Ketua DPC PKB Malaka.

"Dalam berita tertulis jelas. Kami menduga ada kejadian luar biasa. Jangan sembunyikan masalah utama itu dan lapor media ke Polisi. Dugaan kami itu benar terjadi atau tidak, yah sampaikan ke  wartawan," tandasnya. 

Sementara, wartawan Kabarntt.com atas nama Andre Tahu alias AT mengatakan hal yang sama yakni siap menghadapi proses hukumnya. 

"Saya menulis berita yang bersumber dari Okenarasi dengan judul yang berbeda yaitu (Wajah Istri memar! Diduga Wakil Bupati Malaka Lakukan Itu Karena Selingkuh)," akuinya. 

Pihaknya sudah menghubungi Pemimpin Redaksi Kabarntt.com terkait dengan laporan polisi yang dilayangkan oleh Wakil Bupati Malaka. "Ia kita hargai apa yang dilakukan Wakil Bupati Malaka," tutupnya. * flores.tribunnews.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama