Kisah Pilu dan Haru, 3 Nakes Asal Kabupaten Malaka NTT yang Nekat Terjang Banjir Bantu Hantar Bumil ke Puskesmas

Kisah Pilu dan Haru, 3 Nakes Asal Kabupaten Malaka NTT yang Nekat Terjang Banjir Bantu Hantar Bumil ke Puskesmas

Kisah Pilu nan Haru, 3 Nakes Asal Malaka yang Nekat Terjang Banjir Bantu Hantar Bumil ke Puskesmas


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Elenora Un, Mariana Hoar Nahak, dan Charisia Carol Bana merupakan perempuan tangguh dan memang layang disebut sebagai pahlawan kemanusian

Bagaimana tidak, demi tugas kemanusian mereka rela menerobos banjir bandang. Ketiganya memang sadar bahwa nyawa menjadi taruhannya jika tidak hati-hati, namun misi pelayanan kemanusian terus menggema di kepala mereka. 

Ketiganya merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Tafuli, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, NTT. 

Elenora Un adalah seorang bidan dan berstatus tenaga kontrak daerah. Mariana Hoar Nahak seorang perawat yang juga berstatus tenaga kontrak daerah. Sedangkan Charisia Carol Bana seorang bidan yang masih berstatus tenaga sukarela di Puskesmas Tafuli

Dengan berani ketiganya menyeberangi Kali Boen yang sementara meluap akibat hujan deras yang melanda seluruh Malaka sejak dua hari terakhir. 

Keberanian itu muncul untuk membantu pasien ibu hamil yang hendak melahirkan di Desa Boen, Jumat (22/05/2020). Kendati arus banjir begitu deras, namun mereka perlahan-lahan menerobos hingga ke seberang kali. 

“Mereka mau kunjung ibu hamil yang mau melahirkan di seberang kali,” ujar Kepala Puskesmas Tafuli Beatus Nahak. 

Beatus pun memuji ketiganya. Bagi dia, tugas kemanusiaan dari para tenaga kesehatan binaannya memang luar biasa. 

Kata Beatus, mereka menolong manusia dan memperlancar proses kehidupan baru, tanpa memperdulikan nyawa mereka di kala menyeberangi arus kali yang lagi meluap akibat banjir

“Pengorbanan mereka bertiga luar biasa. Saya salut dan apresiasi untuk mereka. Semoga semuanya baik adanya,” ucap Beatus. 

Bupati Malaka dr. Stefanus Bria Seran ketika dihubungi media sekaligus menginformasikan aksi nekat tiga tenaga kesehatan itu ikut mengapresiasi. 

Informasi yang dihimpun, aksi nekat dari tiga tenaga kesehatan itu bukan baru pertama kalinya. 

Setiap kali musim hujan dan banjir, jika ada pasien yang membutuhkan pertolongan di seberang Kali Beon, mereka tetap harus menerobos demi melaksanakan tugas mulia itu.*** Vox NTT



 

 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama