Pemerintah Provinsi NTT Sudah Distribusi Serum Antirabies ke 10 Daerah

Pemerintah Provinsi NTT Sudah Distribusi Serum Antirabies ke 10 Daerah

VAKSINASI RABIES - Petugas kesehatan hewan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka saat melakukan vaksinasi terhadap populasi anjing di Kabupaten Sikka beberapa waktu lalu. 


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil NTT sudah mendistribusikan serum antirabies ke 10 daerah.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil NTT, Ruth D. Laiskodat, Jumat 2 Juni 2023 mengatakan, serum itu disalurkan ke sejumlah daerah di pulau Flores dan Lembata, maupun Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Secara keseluruhan serum antirabies di dinas itu sebanyak 170 vial. Dengan distribusi yang telah dilakukan, kini stok serum antirabies hanya tersisa 6 vial. Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil NTT, kata Ruth, tengah meminta bantuan ke Kementerian Kesehatan untuk menambah stok yang ada.

"Kita minta tambahan ke Kementerian untuk antisipasi," sebut Ruth.

 Sementara itu, vaksin antirabies tercatat sebanyak 25.696, yang kini tersedia di instalasi kesehatan provinsi NTT.

Sebelumnya, saat kunjungannya ke Kabupaten TTS, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menelpon langsung Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin untuk meminta penyaluran serum untuk antirabies.

Kabupaten TTS diketahui menjadi Kabupaten yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies.

"Pak Menteri, saya minta tolong, saya ada di daerah yang rabies. Namanya, Timor Tengah Selatan. Saya butuh itu, apa namanya, serum karena ada yang digigit di muka tidak bisa pakai vaksin biasa harus pake serum," kata Viktor Laiskodat, dalam sebuah video yang diperoleh Kamis sore.

"Buat manusia, buat manusia, anjingnya buat makan saja. Di Timor Tengah Selatan. Kalau bisa kirim sepuluh ribu begitu supaya kita bisa nangani langsung disini. Terima kasih pak Menteri," lanjut Viktor Laiskodat.

Kabupaten TTS juga melaporkan ada sembilan kecamatan yang terinfeksi anjing rabies. Namun, ketersediaan vaksin anti rabies (VAR) untuk penanganan rabies di Kabupaten TTS, saat ini kosong.

Untuk penanganan darurat, Dirjen Kesehatan Hewan Kementerian Kesehatan bakal mengirim 2.500 dosis vaksin.

"Memang saat ini stoknya kosong namun untuk bantuan darurat, kemarin saya sudah telepon ke Dirjen Kesehatan Hewan jadi ada kirim 2.500 dosis khusus wilayah TTS dan akan tiba hari ini," kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan NTT, Melky Angsar, Kamis siang secara terpisah.

Menurutnya, jumlah populasi anjing di Kabupaten TTS yang dihitung secara estimasi sekitar 60 ribu ekor dan tersebar di 240 Desa atau Kelurahan.

"Sudah ada upaya untuk memesan 15.000 dosis vaksin untuk wilayah NTT namun diperkirakan akan tiba pada Agustus 2023," jelas Melki Angsar.

Ia menerangkan, dugaan sementara penyebaran rabies di Kabupaten TTS dibawa masuk dari pulau luar Pulau Timor, sehingga Desa Fenun langsung ada kasus gigitan anjing rabies. Tercatat Pulau Timor baru pertama kali terjadi kasus rabies.

"Yang pastinya masuk dari luar Pulau Timor karena virus rabies hanya ada di Pulau Flores tapi belum bisa dipastikan dari daerah mana," ujar Melki Angsar.






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama