Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Desa, OJK NTT Libatkan Perangkat Desa Sedaratan Timor

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Desa, OJK NTT Libatkan Perangkat Desa Sedaratan Timor

UTUSAN - Utusan Perangkat Desa sedaratan Timor mengikuti ToT Perangkat Desa di Kantor OJK NTT pada Senin, 19 Juni 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di desa, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (OJK NTT) libatkan perangkat Desa di NTT.

Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (KOJK NTT) mengadakan Training of Trainers (ToT) bagi Perangkat Desa Provinsi NTT dengan tema Literasi Keuangan Meningkat, Masyarakat Sejahtera yang dihaidri utusan Perangkat Desa sedaratan Timor di Aula Kantor OJK NTT pada Senin, 19 Juni 2023.

Kepala OJK NTT, Japarmen manalu mengatakan tentunya ToT akan dilakukan secara bertahap, supaya semakin banyak masyarakat desa yang memahami industri jasa keuangan.

Salah satu yang bisa dilakukan OJK adalah ToT Kepala Desa dan Perangkat Desa. Nantinya kepala Desa dan Perangkat Desa wajib melakukan sosialisasi atau wajib membagikan materi kepada masyarakat.

"Jadi nanti karena kami sendiri terbatas pemberdayaan, karena Provinsi NTT kepulauan, segala sesuatunya harus pesawat selain pulau Timor kan, jadi kita mencoba memikirkan bagaimana solusi untuk lebih memperbanyak atau meningkatkan angka literasi. Setelah angka literasinya naik, nanti inklusinya bisa meningkat,"jelas Japarmen saat pembukaan ToT Perangkat Desa di Provinsi NTT di Aula Kantor OJK Provinsi NTT pada Senin,19 Juni 2023.

Perangkat Desa menjadi perpanjangan tangan kanan OJK, sehingga dengan demikian literasi keuangan di desa-desa semakin meningkat untuk kesejahteraan masyarakat meningkat.

Menurut Japarmen, OJK tidak bisa bekerja sendiri, oleh karena itu dibutuhkan kerja kolaboratif. Untuk kendala-kendala di lapangan akan dibukakan ruang diskusi dan berkoodinasi dengan Bank Indonesia (BI), dan Dinas terkait serta mengajak industri jasa keuangan lainnya agar memperhatika desa-desa untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan menuju masyarakat sejahtera.

Kepala Dinas PMD Provinsi NTT, Viktor Manek dalam kesempatan ini menegaskan untuk memperkuat potensi ini, para Perangkat Desa setelah mengikuti ToT ini bisa melihat potensi di desa mereka dengan mendesain kegiatan kemudian dieksekusi yang akan melibatkan digitalisasi, pasar, perbankan dana semua pihak untuk berkolaborasi.

Training of Trainers (ToT) Perangkat Desa yang dilaksanakan pada 19 hingga 23 Juni 2023 ini adalah suatu proses sekelompok individu yang bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan kepada Perangkat Desa atau Penamping Desa, diberikan pelatihan tambahan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengajak dan mendukung Perangkat Desa dalam tugas-tugas mereka.*** poskupang.com

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama