Ketika Menteri Sosial Datang ke Kabupaten Malaka dan Manuver Politik Simon Nahak Untuk Rai Malaka

Ketika Menteri Sosial Datang ke Kabupaten Malaka dan Manuver Politik Simon Nahak Untuk Rai Malaka

Ketika Menteri Sosial Datang ke Malaka dan Manuver Politik Simon Nahak Untuk Rai Malaka


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 16 Juni 2023, Kabupaten Malaka dihebohkan dengan kedatangan orang berpengaruh di Republik ini, pembantu presiden, Menteri Sosial Tri  Rismaharini.

Menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sebenarnya tidak ada jadwal sampai ke Kabupaten Malaka. Harusnya, Menteri Sosial hanya sampai di Kota Kupang saja sesuai jadwal. Namun karena kepedulian dan perhatian khusus dari Menteri Tri Rismaharini inilah, akhirnya di luar jadwal protokoler, dia berniat melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Malaka.

"Sebenarnya hanya di Kupang saja. Ada kegiatan pelatihan kerja untuk para calon tenaga kerja. Namun sayang, jauh - jauh ke NTT hanya buka kegiatan, mending sekalian saya ke Malaka. Terima kasih Bupati Malaka atas sambutan yang luar biasa ini. Saya sebenarnya tidak terlalu suka disambut dengan acara yang besar. Tidak suka merepotkan orang," ujar Tri Rismaharini saat sambutannya di Kabupaten Malaka, desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur.

Sebelumnya, rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini disambut dan dijemput oleh Bupati Malaka dan jajarannya di Bandar Udara A. A. Bere Tallo. Terpantau media, sambutan dari Kabupaten Malaka sangat luar biasa. Menteri Sosial dan rombongan dikalungkan kain adat khas Malaka yang berwarna merah, cocok dengan warna partai PDI Perjuangan.

Beberapa menit kemudian, rombongan menteri bertolak ke selatan, Kabupaten Malaka. Sepanjang perjalanan dari Atambua ke Malaka, menteri Sosial yang terkenal pekerja keras itu kagum akan keadaan alam Rai Malaka.

"Pak Bupati, di sini subur sekali tanahnya. Ini ditanami apa aja tumbuh," puji Menteri Tri Rismaharini.

Tidak sekedar jalan-jalan saja ke Kabupaten Malaka NTT. Mantan Walikota Surabaya ini datang ke Malaka sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan 100 rumah bantuan layak huni yang beberapa waktu lalu diserahkan olehnya untuk masyarakat Malaka melalui Bupati Malaka.

Tidak hanya itu juga.Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memberikan 100 lampu PJU untuk desa Alas Selatan dan berjanji akan membantu banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan kemanusiaan di Kabupaten Malaka.

Khusus di Desa Alas Selatan, setelah berdialog langsung dengan masyarakat di sana, Menteri Sosial akhirnya mengetahui kebutuhan masyarakat di sana. Warga pun antusias menyampaikan keluhannya. Ternyata mereka kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Tadi saya lihat di dekat sini ada mata air. Nanti kita bantu untuk jernih kan airnya lalu bagikan ke masyarakat. Bila perlu bisa langsung di minum. Saya akan bantu itu," ujarnya.

Untuk seluruh masyarakat KabupatenMalaka, menteri Tri Rismaharini berpesan agar giat bekerja dan mengoptimalkan lahan pertanian yang ada. Dirinya mencontohkan saat masih menjabat Walikota Surabaya, di mana saat itu dengan etos kerja yang tinggi, walikota terbaik dunia ini juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Surabaya.

"Surabaya itu padat penduduknya. Lahan pertanian hampir tidak ada di pekarangan rumah. Tapi saya genjot masyarakat agar menanam. Tanam cabai dan sayur - mayur. Alhamdulillah, sekarang cabai Surabaya sudah bisa dijual di luar daerah. Nah, apalagi di Malaka ini, lahan luas sekali. Wah bisa jadi miliarder ini," kata Tri Rismaharini, memotivasi.

Manuver Politik Simon Nahak Berdampak Baik Untuk Rai Malaka

Kedatangan Menteri Sosial Tri Rismaharini ke Kabupaten Malaka wajib hukumnya kita apresiasi dan bersyukur. Karena bukan hanya soal rumah bantuan 100 unit itu saja. Ada banyak bantuan yang dijanjikan oleh Tri Rismaharini setelah berkunjung dan melihat langsung Kabupaten Malaka, daerah Terluar, Tertinggal, Terpencil dan Terdepan.

Tidak segampang itu juga mendatangkan Menteri sekaliber Tri Rismaharini. Srikandi PDI Perjuangan itu sangat terkenal dengan semangat kerjanya yang disiplin dan pro rakyat.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan media, ternyata sebelumnya Bupati Simon Nahak sudah berkunjung ke kementerian sosial di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tidak semua orang juga bisa bertemu ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini. Wajar saja, banyak kesibukan dan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh Tri Rismaharini, otomatis tidak banyak waktu untuk bertemu. Tapi beda dengan Simon Nahak, Bupati Malaka. Dengan semangat untuk membangun Rai Malaka tercinta, segala cara dipakai Simon Nahak untuk kebaikan Rai Malaka. Jalur politik dipakai oleh Bupati Malaka untuk bertemu Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Simon Nahak adalah politisi partai PDI Perjuangan Kabupaten Malaka. Tri Rismaharini juga adalah politisi partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. Satu ideologi partai inilah yang mempertemukan Simon Nahak dan Tri Rismaharini.

"Terima kasih. Ini keuntungan besar untuk Rai Malaka. Ibu menteri sudah datang dan melihat langsung kesulitan kita dan langsung siap membantu. Terima kasih Bupati Malaka sudah mendatangkan orang penting di republik ini," ungkap Agus Seran warga Malaka.

Simon Nahak memang beda. Manuver politik yang diambilnya sangat menguntungkan Rai Malaka. Dia tahu apa yang harus dilakukannya untuk Rai Malaka tercinta.

Sebelumnya dia adalah politisi partai Perindo. Bukan tidak baik, namun dirinya merasa kurang kalau bertahan di partai Perindo yang terbilang masih sangat kecil di Republik Indonesia ini. Usai Pilkada Malaka, dirinya memutuskan untuk bergabung ke PDI Perjuangan, partai besar pemenang pemilu dua kali berturut-turut.

"Dengan berbaju merah (PDIP), Simon Nahak sudah punya tiket masuk hampir semua kementerian. Dan itu harus kita apresiasi karena akan banyak menguntungkan kita di Rai Malaka. Akan ada banyak bantuan dan pembangunan di Malaka lewat tangan dingin Simon Nahak Bupati Malaka," ungkap Agus Seran.*** floresnews.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama