Dapat Kepercayaan Warga Eks Tim-tim, Bupati Malaka Sebut Urusan Kemanusiaan

Dapat Kepercayaan Warga Eks Tim-tim, Bupati Malaka Sebut Urusan Kemanusiaan

BUPATI - Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH.,MH menghadiri undangan dari warga eks Timtim di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Selasa 18 Juli 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH.,MH mendapatkan kepercayaan warga eks Timtim se-Indonesia. Hal ini karena Simon Nahak dinilai memiliki kepedulian terhadap warga eks Timtim. 

"Saya diundang oleh organisasi Timorest untuk menghadiri rapat di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Jakarta. Ia menilai undangan ini penting maka ia memilih untuk menghadirinya demi kemanusiaan," jawab Bupati Simon Nahak kepada Pos Kupang, Jumat 21 Juli 2023. 

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut ia dinilai peduli terhadap warga eks Timtim khususnya di Kabupaten Malaka. Ia urusan dengan sesama warga eks Timtim sebagai urusan kemanusiaan. 

"Saya tidak ingin warga saya tidur di bawah pohon. Itulah sebabnya, rapat ini saya harus datang untuk membicarakan dan memberi solusi," kata Bupati Simon. 

Dikatakan, pemerintah pusat melalui kementerian-kementerian telah memberi perhatian kepada masyarakat Kabupaten Malaka. Yang paling dirasakan, perhatian dan bantuan Kementerian Sosial berupa bantuan 100 unit rumah dan bantuan pemberdayaan lain. 

"Ia mengharapkan dukungan warga eks Timtim dan kementerian terkait agar ada solusi untuk menjawab kebutuhan warga baru eks Timtim. Memang, bekerja untuk kemaslahatan umun tidak mudah. Akan tetapi, harus dilakukan demi kemanusiaan," sebutnya.

Ketua Umum Organisasi Timorest Gab Mandiri Untas, Alberto da Silva mengatakan Bupati Simon diundang untuk menghadiri rapat di Kantor Kemenko PMK, karena memiliki kepedulian untuk mengurus hal-hal sosial, termasuk nasib warga eks Timtim.

"Itulah dalam permohonan audiens kami, hanya cantumkan undangan kepada Bupati Malaka," kata Alberto sesaat sebelum pertemuan di Kantor Kemenko PMK, Selasa 18 Juli 2023. 

Alberto mengatakan perhatian Pemkab Malaka diwujudkan dalam penyediaan lahan, sertifikasi, kunjungan dan silaturahmi bersama warga.

"Kami lihat pak Bupati Malaka peduli dengan kami. Sehingga, kami undang untuk rapat di Kemenko PMK," kata Alberto sambil menujukkan rekomendasi Bupati Malaka dan sertifikat lahan yang sudah diterbitkan untuk pembangunan rumah layak huni bagi warga eks Timtim.

Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Nelwan Harahap mengatakan Bupati Simon cepat merespon kebutuhan masyarakat. Perhatian dan pelayanan kepada masyarakat tanpa membeda-bedakan satu sama lain. 

Dikatakan, tentu akan ada pengendalian hal-hal yang sudah disepakati kementerian-kementerian lembaga saat ini.

"Kita memfasilitasi, misalnya dengan Kementerian Sosial dan Kementerian PUPR, karena kita tidak punya hubungan langsung ke daerah. Dan kita akan beri perhatian kepada Malaka," kata Nelwan. (*) poskupang.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama