Viral! Informasi Prof. Hyronimus Rowasiu Jadi Penjabat Gubernur NTT Ternyata Hoax

Viral! Informasi Prof. Hyronimus Rowasiu Jadi Penjabat Gubernur NTT Ternyata Hoax

Sekda NTT, Kosmas ZD.Lana 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Beredarnya informasi melalui pesan Whatsapp di masyarakat, bahwa Hyronimus Rowasiu menjadi Penjabat Gubernur NTT menjadi heboh.

Informasi yang beredar tersebut sempat menghebohkan masyarakat NTT pada, Kamis 27 Juli 2023.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT, Kosmas Damianus Lana menegaskan bahwa kabar atau informasi tersebut tidak benar atau Hoax.

"Isu atau informas itu tidak benar," ungkap Sekda NTT, Kosmas Damianus Lana kepada POS-KUPANG.COM di kantor Pemprov NTT, Kamis 27 Juli 2023. 

Menurut Sekda Kosmas, Hyronimus Rowasiu dilantik pada 25 Juli 2023 lalu menjadi Profesor di STPDN pusat.

Hyronimus Rowasiu, kata dia adalah salah satu wakil rektor di STPDN.

"Jadi, pencapaian gelar Profesor atau maha guru dia (Hyronimus Rowasiu) itu tidak ada kaitannya dengan Penjabat Gubernur NTT," jelasnya.

Mekanisme penunjukan PJ Gubernur NTT itu, kata Kosmas tertuang dalam Permendagri Nomor: 4 tahun 2023 tentang pengusulan penjabat Gubernur, Bupati, Walikota.

"Untuk mekanisme penunjukan PJ Gubernur itu diusulkan oleh Kemendagri sebanyak tiga orang, kalau Bupati dan Walikota diusulkan oleh DPRD setempat dan oleh Gubernur," tandasnya.

Dirinya mengaskan bahwa, kewenangan itu tidak bisa disubsitusi atau tidak bisa diganti. *** flores.tribunnews.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama