Inspiratif! Dua Siswi SMPK Sint. Gabriel Larantuka Raih Nominasi Lomba Cerita Rakyat Bank NTT Flores Timur

Inspiratif! Dua Siswi SMPK Sint. Gabriel Larantuka Raih Nominasi Lomba Cerita Rakyat Bank NTT Flores Timur

Dua siswi SMPK Sint. Gabriel Larantuka peraih juara Scundina R.E Kurniawan (kelas 8b) dan Eufrasia Angeliquin. S (kelas 8a) bersama guru pembimbing, Rosa Dalima Riberu, S. Pd. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Dua siswi SMPK Sint. Gabriel LarantukaScundina R.E Kurniawan (kelas 8b) dan Eufrasia Angeliquin. S (kelas 8a) berhasil meraih juara umum dalam nominasi penulisan cerita rakyat yang diselenggarakan oleh Bank NTT tingkat Kabupaten Flores Timur.

Kedua siswa tersebut meraih juara 1 dalam kategori Potensi Wisata “Asal Usul Desa Balaweling” dan juara 1 kategori Destinasi objek wisata “Danau Asmara”.

Kegiatan ini mengangkat tema “EUFORIA (Education, Fun & History) BIK 2023” dengan sub tema adalah “Karna (Kenalkan, Anjungan, Ramaikan, dan Abadikan) NTT Punya Cerita”. Kompetisi penulisan cerita rakyat ini diikuti oleh para pelajar tingkat SMP dan SMA di seluruh lokasi Kantor Cabang Bank NTT.

Inisiatif Bank NTT dalam kegiatan ini untuk mendukung pemerintah dalam mempromosikan pariwisata melalui kompetisi terbaru dan pertama kali yang diadakan di NTT.

Tujuan kegiatan ini guna mendorong masyarakat berpartisipasi, mengenal, dan mengangkat tempat wisata di NTT yang dituangkan dalam bentuk yang menarik dan bahasa kekinian yang nantinya akan mampu meningkatkan minat wisatawan ke NTT.

Masyarakat juga akan semakin mengenal dan merasakan manfaat layanan Bank NTT melalui kegiatan ini.

Dua siswi SMPK Sint. Gabriel Larantuka peraih juara Scundina R.E Kurniawan (kelas 8b) dan Eufrasia Angeliquin. S (kelas 8a) bersama guru pembimbing, Rosa Dalima Riberu, S. Pd. 

Koordinator perlombaan/SPV Dana Cabang Larantuka, Awaludin BL, mengatakan bahwa Bank NTT adalah salah satu lembaga keuangan yang mencoba menginisiasi kegiatan ini untuk mendorong dan bekerjasama dengan pemerintah dalam mempromosikan tempat wisata di Nusa Tenggara Timur khususnya Kabupaten Flores Timur.

“Kegiatan ini sangat penting karena salah satu indikator pendapatan asli daerah bersumber pada objek wisata. Terkait dengan penulisan cerita rakyat ini secara tidak langsung kita mengajak generasi muda sekarang untuk menjadi salah satu sumber ketika ada ajang yang sama di tingkat yang lebih tinggi, maka anak muda dapat menjadi representasi sumber cerita rakyat dengan sistem merdeka belajar,” ujarnya.

Kepala SMPK Sint. Gabriel Larantuka, Sr. M. Verena, PRR (kiri) menyerahkan naskah cerita rakyat para siswa kepada Koordinator Lomba dari Bank NTT Flores Timur, Awaludin BL. (POS-KUPANG.COM/HO SMPK Sint Gabriel Larantuka)

Kepala SMPK Sint. Gabriel Larantuka, Sr. M. Verena, PRR juga sangat berterima kasih kepada Bank NTT yang telah memfasilitasi kegiatan perlombaan menulis cerita rakyat ini sekaligus mempromosikan objek wisata yang ada di Flores Timur.

 “Tentu melalui kompetisi menulis ini kaum remaja di Lembaga Pendidikan semakin tergerak untuk mencintai budaya serta menjadi bagian dari peradaban masyarakat. Kami juga mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan budaya literasi di satuan pendidikan.”

Dengan menulis kita mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan budaya literasi di sekolah. Peningkatan literasi di sekolah dapat dilakukan dengan menulis dan bercerita melalui kompetisi seperti ini.

Menjadi juara bukanlah tujuan, tetapi partisipasi dalam mendukung pemerintah untuk mengembangkan budaya tutur sekaligus memperkenalkan tempat wisata yang ada di Flores Timur, NTT. *** poskupang.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama