15 Daerah di Wilayah NTT Siaga Darurat Kekeringan

15 Daerah di Wilayah NTT Siaga Darurat Kekeringan

Kepala Pelaksana BPBD NTT Ambrosius Kodo. (Foto: Simon Selly/detikBali)


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Sebanyak 15 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan status darurat kekeringan, termasuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Status siaga darurat itu ditetapkan melihat dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan berkepanjangan di sebagian besar wilayah NTT.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD NTT Ambrosius Kodo mengungkapkan selain 15 pemda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT juga menetapkan siaga darurat bencana kekeringan. Jadi total ada 16 cakupan status siaga darurat yang telah ditetapkan.

"Memang sampai sejauh ini telah 16 wilayah yang telah menetapkan siaga darurat," kata Ambros di Kupang, Kamis (9/11/2023).

Dia mengungkapkan, status siaga darurat yang ditetapkan itu terkait ketersediaan air bersih. Beruntung, masing-masing pemda masih bisa mengatasinya, sejauh ini.

"Siaga darurat ini berkaitan dengan akses air bersih, dan kondisinya masih dapat ditangani oleh kabupaten/kota," ujarnya.

Sejauh ini, tambahnya, mitigasi dan litigasi bencana masih bisa dilakukan di tingkat daerah. BPBD NTT hanya sebagai penyokong, hingga benar-benar dibutuhkan untuk terjun langsung melakukan penanganan.

Menurutnya, BPBD NTT pada prinsipnya mendukung setiap pemerintah kabupaten/kota, untuk menanganinya.

"Bila masih bisa ditangani oleh kabupaten/kota, maka biarlah diurus oleh mereka," jelasnya.

Adapun daerah yang menetapkan siaga darurat bencana kekeringan dan karhutla itu yakni Pemprov NTT, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Alor, Kabupaten Ende, Kabupaten Lembata, dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kemudian Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sumba Barat, dan Kabupaten Manggarai Timur. *** detik.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama