BRAVO! SMA Katolik Giovani Kupang Raih Juara 3 Kompetisi Hackathon Pijar Tingkat Nasional

BRAVO! SMA Katolik Giovani Kupang Raih Juara 3 Kompetisi Hackathon Pijar Tingkat Nasional

FOTO BERSAMA - Enam orang siswa/i SMA Katolik Giovani Kupang bersama guru pembimbing Kompetisi Hackathon Pijar Tingkat Nasional foto bersama di SMA Katolik Giovani Kupang, 24 November 2023 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovani Kupang meraih juara 3 (tiga) kompetisi Hackathon pijar tingkat Nasional.

Hal itu disampaikan Guru pembimbing kompetisi SMA Katolik Giovani Kupang, Jagat Prawira Sutopo saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Jumat 24 November 2023.

"Akhirnya siswa/i SMA Katolik Giovani dapat juara tiga," kata Prawira.

Prawira menyampaikan dirinya bangga bangga dengan prestasi siswa/i yang berhasil meraih juara tiga dalam perlombaan sekelas Hackathon.

"Ini sangat luar biasa dan kami sangat bangga. Mereka (siswa/i pemenang) dapat ekosistem bagus dari bisnis Telkom Indonesia, mereka bisa ciptakan ide Startup," ungkapnya.

Menurut Prawira, banyak orang menganggap NTT sebagai Provinsi terbelakang dan termiskin. Namun, sebenarnya NTT memiliki orang-orang hebat yang tidak kalah dari Provinsi lainnya.

"Kita bisa dan sebenarnya kita mampu. Kita tidak kalah dengan orang di Jawa," ujarnya.

Dikatakan Prawira, dalam proses meraih juara 3, terdapat banyak dinamika yang terjadi dalam tim.

"Tapi anak-anak ini luar biasa. Tim yang solid dan lengkap. Masing-masing mereka punya karakter yang buat mereka bisa kerja sesuai dengan role nya," ungkapnya.

"Kerja keras mereka pulang hingga larut malam di sekolah untuk mentoring terbayarkan dengan juara," tambahnya.

Dengan Juara itu, Prawira berharap agar siswa/i dalam tim tidak berhenti ber-explore, learn and action.

"Semoga teman-temannya yang lain juga bisa terperngaruh hal baik. Saya ingin impact lebih lagi, tidak hanya di Giovanni tapi NTT pada umumnya," harapnya.

Sementara itu, salah satu peserta tim pemenang SMA Katolik Giovani, Ni Luh Putu Agata Putri Suamba menyampaikan rasa bangganya mendapatkan juara tiga di kompetisi tersebut.

"Saya merasa sangat senang dan bangga. Ada perasaan lega juga karena setelah kurang lebih 1 bulan masa inkubasi, akhirnya kami bisa menyelesaikan lomba ini dengan baik bahkan mendapatkan juara 3 dengan selisih poin hanya 1.00," ungkapnya.

"Saya juga sangat senang bisa menikmati juara ini bersama teman teman tim saya yang selalu saling support selama masa perlombaan ini," tambahnya.

Menurut Agata, hal yang diperoleh dari kompetisi itu baginya ialah ilmu. Yang mana, selama persiapan lomba itu, timnya mendapatkan bimbingan mentor dari tim penyelenggara lomba sesuai dengan bidang yang dikerjakan.

"Jadi, selama satu bulan ini saya belajar banyak hal baru, belajar ilmu ilmu baru yang saya rasa tidak bisa saya dapat di masa sekolah biasanya," ungkapnya.

Dalam perlombaan itu, kata Agata, membuat dirinya terus belajar, bekerja dan terbuka dengan tim. Yang mana, dia dan tim selalu belajar menjadi pemimpin yang baik dan siap mendengarkan masukan masukan yang diberikan.

Selain dirinya yang terus ingin belajar, lanjutnya, orang tuanya juga sangat mendukungnya selama ikut kompetisi tersebut.

"Mereka (orang tua) selalu mendukung saya baik waktu, materi maupun berkat doa yang mereka sertakan. Saya merasa memiliki rasa semangat yang besar ketika orang tua saya juga bahagia mendengar pengumuman juara kemarin," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agata pun berpesan agar Sekolah SMA Katolik Giovani bisa lebih mengembangkan minat bakat siswa di bidang yang dilombanya, tetap mendukung yang terbaik agar kedepannya Giovanni tetap bisa jadi pelopor gaya belajar yang sesuai dengan minat bakat siswa.

"Untuk teman-teman saya di SMA Katolik Giovani, ini bukan akhir dari pengalaman saja melainkan bisa jadi gerbang pembuka untuk teman-teman yang lain bisa semakin percaya diri dan mau untuk mencoba banyak hal-hal baru," pungkasnya. 

Untuk diketahui, kompetisi ini merupakan program inkubator dari Telkom Indonesia. Yang mana, SMA Katolik Giovani Kupang berhasil meraih juara tiga dari 250 sekolah yang ikut se-Indonesia. (cr20) *** poskupang.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama