Intip Makna Baju Adat NTT dan Madura yang Dipakai Ganjar-Mahfud di Debat Pilpres

Intip Makna Baju Adat NTT dan Madura yang Dipakai Ganjar-Mahfud di Debat Pilpres

Foto: Ganjar dan Mahfud Md, 22 Desember 2023. (Kadek M Luxiana/detikcom)



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, mengenakan baju daerah dalam debat cawapres 2024 malam ini. Ganjar mengenakan baju adat NTT, sementara Mahfud memakai baju adat Madura.

Debat perdana cawapres 2024 digelar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). Keduanya berangkat bersama menuju JCC dari posko Ganjar-Mahfud di Tengku Umar, Jakarta Pusat.

Ganjar memakai kemeja putih lengkap dengan kain rote. Dia juga mengenakan topi ti'ilangga NTT.

Sementara, Mahfud memakai baju bergaris merah dan putih khas Madura lengkap dengan sakera hitam. Mahfud juga mengenakan sepatu merek lokal.

Berdasarkan informasi dari TPN Ganjar-Mahfud, berikut makna baju adat daerah yang dipakai dalam Debat Pilpres kedua:


Makna Baju NTT yang Dipakai Ganjar

Kain tenun ikat Rote ditenun oleh perempuan Rote dengan kesabaran dan ketelitian. Keindahan dan kerapihan kain tenun Rote merupakan standar kesempurnaan perempuan Rote untuk bisa menikah, berumah tangga dan mengurus keluarga.


Makna Motif Kain Tenunan Rote

Mencerminkan perlambangan diri dari strata sosial keluarga masyarakat Rote. Makna topi Ti'ilangga menunjukkan keperkasaan, kepemimpinan dan kehormatan laki-laki Rote.

Kalung berbentuk bulat yang posisinya berada tepat di hati melambangkan satu hatinya masyarakat Rote sebagai satu kesatuan yang tidak terputus dengan ikatan persaudaraan yang kuat, senantiasa bergandeng tangan dan memiliki spirit gotong royong dalam kehidupan sosial bersama.

Narasi Baju Pesak dan Odheng yang Dipakai Mahfud

Memimpin dengan kesederhanaan dan ketegasan garis-garis merah putih tegas tersusun horizontal dibalut baju serta celana hitam. Inilah pesak, pakaian laki-laki khas Pulau Madura yang bersahaja nan ikonik, mencerminkan kerendahan hati sekaligus ketegasan jiwa. Tak jarang Prof Mahfud Md sang cawapres pertama dan Pulau Madura mengenakan pakaian ini dalam seremoni resmi, hingga yang terkini debat Cawapres Pemilu 2024 yang bertema ekonomi, sederhana namun penuh makna. Itulah gambaran orang Madura sekaligus pakaian khasnya. Pakaian Madura ini memiliki simplisitas yang justru membuat penggunanya terlihat tegas. Ukuran longgar memberi banyak ruang gerak, melambangkan kebebasan dan keterbukaan yang dijunjung tinggi.


3 Warna pada Pakaian Adat Madura

Merah putih simbol ketegasan dan tingginya semangat juang laki-laki Madura, serta hitam sebagai simbol gagah berani dan pantang menyerah. Di bagian kepala terdapat odheng, penutup kepala berwarna merah bata yang melambangkan Alif, huruf hijaiyah yang pertama. Segitiga kembar pada odheng acalah simbol dua hal yang saling melengkapi segitiga ke bawah lambang kerendahan hati dan segitiga ke atas lambang ketegasan.

Nilai-nilai yang terkandung dalam pakaian Madura ini sejalan dengan karakter Mahfud yang tertuang dalam 'tas-tes' dalam penegakan hukum di indonesia. Memaknai akarnya, Mahfud selalu tampil dalam kesederhanaan dan juga tegas untuk membela yang benar. Dua nilai yang selama ini muncul dalam aksinya menegakkan hukum, iniakan terejawantahkan dalam diskursus ekonomi bagaimana pemahaman beliau akan rakyat menjadi modal untuk membangun ekonomi kerakyatan dan bagaimana ketegasan beliau akan membantu intervensi pemerintah untuk pengyaran. ekonomi, sebagai regulator, fasilitator, maupun akselerator.


Narasi Sepatu Produk Lokal

Dalam debat cawapres Pemilu 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md kembali menggunakan sepatu produk lokal. Kali ini, giliran Brodo yang tampil di panggung debat terhangat seantero negeri Jenama asal Kota Kembang ini lahir pada 2010, berawal dari keresahan dua insinyur, Yukka dan Uta, yang melihat jarang sekali produk sepatu Indonesia bisa mendunia padahal kita punya material bagus dan pengrajin sepatu handal.

Ganjar Pranowo dan Mahfud Md yang kuat dengan pemahaman terhadap Indonesia, sejalan dengan langkah Brodo dan siap untuk mewujudkan kepemimpinan yang epik selayaknya manifesto. Brodo kuatnya unsur lokal dan inovasi juga menjadi nafas Ganjar Mahfud dalam gaya kepemimpinannya. Bersama Brodo, Ganjar dan Mahfud siap untuk terus berinovasi namun tetap lokal dan merakyat. *** detik.com




Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama