Pasien Loncat dari Lantai Dua Rumah Sakit SK Lerik Kota Kupang NTT Alami Patah Tulang Kaki dan Luka

Pasien Loncat dari Lantai Dua Rumah Sakit SK Lerik Kota Kupang NTT Alami Patah Tulang Kaki dan Luka

Beberapa pengunjung melihat pintu kaca ruang Cendrawasih RS SK Lerik yang pecah ketika pasien meloncat dari lantai 2 RS tersebut. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Pasien KF alias Karel (18) mengalami patah tulang kaki kanan dan luka di bagian tubuh setelah loncat dari lantai dua gedung RS SK Lerik di Kota Kupang, pada Rabu 13 Desember 2023 .

Direktur RSUD SK Lerik Kota Kupang, drg. Dian Sukmawati Arkiang, Kamis 14 Desember 2023 membenarkan  kejadian tersebut. Ia mengatakan, awalnya pasien ingin ke kamar mandi, minta kepada perawat supaya melepaskan infus.

Perawat  yang bertugas saat itu menolak melepaskan infus karena masih dalam perawatan dan belum ada instruksi dokter mencabut infus. 

"Namun selang beberapa saat pasien itu menghampiri perawat dengan kondisi infus yang sudah tercabut. Dia sempat marah-marah kepada perawat yang bertugas.  Perawat  berusaha membujuk dan menghampiri pasien, namun pasien langsung berlari ke pintu keluar," kata Dian.

Pada saat pasien lari keluar, perawat dan mahasiswa  (praktek) mengejar untuk menghentikan pasien. Tapi pasien melakukan perlawanan dan terus berlari sampai ke ruangan lantai 2 Cendrawasih lama. Dia  memecahkan pintu kaca ruangan. 

"Setelah keluar dari pintu kaca ruangan itu, pasien berlari dan melompat dari selasar lantai 2 hingga alami patah tulang salah satu kakinya dan luka-luka," ungkap Dian.

Kejadian ini, menurut Dian, sebagai insiden di luar tindakan teknis kepada perawatan pasien.  Setelah kejadian itu, sambung Dian, pasien dimasukan ke ruang IGD untuk mendapat pertolongan medis, selanjutnya manajemen rumah sakit memberi edukasi kepada keluarga pasien supaya dirujuk ke RSUD WZ Johanis agar mendapatkan pertolongan yang lebih maksimal.

Manajemen RS S.K Lerik Kota Kupang juga melapor kejadian ini ke  Komisi Nasional Keselamatan Pasien.

Diberitakan sebelumnya, pasien dengan inisial KF alias Karel (18) loncat dari lantai dua ruang perawatan RS SK Lerikk di Kota Kupang, Rabu 13 Desember 2023. * flores.tribunnews.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama