Lihat Jadwal Lengkap Periode 1, Periode 2, dan Periode 3 Pengadaan Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Lihat Jadwal Lengkap Periode 1, Periode 2, dan Periode 3 Pengadaan Seleksi CPNS dan PPPK 2024



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Pemerintah Indonesia akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun anggaran 2024 dengan formasi yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa total formasi CPNS tahun ini mencapai 2,3 juta, dengan 690 ribu di antaranya diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Untuk informasi selengkapnya simak artikel ini hingga selesai.

Jokowi menyatakan, “Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS 2024 sebanyak 690 ribu orang. Tersebar di instansi pusat 207 ribu dan daerah 483 ribu.” Hal ini menjadi langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sebelumnya belum terpenuhi.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menetapkan kebutuhan ASN sebanyak 1.030.751 pada 2023. Namun, baru sekitar 23 persen dari total formasi yang dibuka dapat terpenuhi. Untuk mengatasi hal ini, pemenuhan formasi di seleksi CPNS 2024 ditingkatkan, khususnya untuk lulusan baru.

Rincian formasi CPNS 2024 mencakup alokasi kebutuhan ASN di instansi pusat dan daerah. Instansi pusat mendapat formasi sebanyak 429.183, terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK.

Sementara itu, instansi daerah mendapat formasi sebanyak 1.867.333, dengan rincian 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah diperuntukkan bagi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Pemerintah juga merencanakan pembukaan rekrutmen CPNS 2024 sebanyak tiga periode untuk memenuhi kebutuhan ASN di berbagai wilayah Indonesia. Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengungkapkan bahwa rencana pelaksanaan seleksi CPNS 2024 akan dibagi menjadi tiga periode.

Periode pertama rekrutmen CPNS 2024

·        Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK akan dimulai pada pekan ketiga Maret.

·        Seleksi kompetensi dasar dan seleksi kedinasan dimulai pada pekan keempat Mei.

·        Seleksi kompetensi bidang dimulai pekan pertama, yaitu 1-4 Juli.

·        Pengumuman periode pertama dilaksanakan pada Minggu, 3 Agustus 2024.

 

Periode kedua rekrutmen CPNS 2024

·        Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK akan dimulai pada pekan kedua Juli.

·        Seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi teknis dimulai pada pekan pertama Agustus hingga pekan pertama September.

·        Seleksi kompetensi bidang dimulai pekan kedua September sampai pekan ketiga Oktober.

·        Pengumuman periode kedua dilaksanakan pada Minggu kedua November 2024.

 

Periode ketiga rekrutmen CPNS 2024

·        Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK akan dimulai pada pekan keempat Agustus.

·        Seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi teknis dimulai pada pekan keempat Oktober hingga pekan ketiga November.

·        Seleksi kompetensi bidang dimulai pekan keempat November sampai pekan ketiga Desember.

·        Pengumuman periode ketiga dilaksanakan pada Minggu ketiga Januari 2024.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi lulusan baru untuk bergabung dengan ASN. Dengan jumlah formasi yang signifikan, rekrutmen CPNS 2024 menjadi peluang emas bagi masyarakat yang berminat untuk berkarier dalam pelayanan publik dan menjadi bagian dari birokrasi negara.

Proses seleksi yang terbagi dalam tiga periode juga diharapkan dapat memberikan fleksibilitas bagi peserta sehingga lebih banyak individu dapat mengikuti seleksi sesuai dengan kondisi dan persiapan masing-masing.

Demikian informasi tentang Jadwal Lengkap Periode 1, Periode 2, dan Periode 3 Pengadaan Seleksi CPNS dan PPPK 2024, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. *** naikpangkat.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama