Lihat Yuk Fakta Menarik Nesiophasma sobesonbaii, Serangga Ranting Baru Temuan Anak SMA di NTT

Lihat Yuk Fakta Menarik Nesiophasma sobesonbaii, Serangga Ranting Baru Temuan Anak SMA di NTT

Nesiophasma sobesonbaii, serangga ranting baru temuan anak SMA di NTT Davis Martin Damaledo. DOK IG @kemdikbud_ri



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Davis Martin Damaledo, tak pernah menyangka hari di mana dia menemukan serangga ranting saat sedang menyusuri jalan menjadi sejarah. Serangga ranting temuannya itu merupakan spesies baru.

 Serangga itu ditemukan di pinggir jalan Desa Oemasi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2021. Saat itu, Davis yang merupakan anak SMA tengah berjalan dan menemukan serangga ranting.

Dikutip dari akun Instagram @kemdikbud.ri, serangga ranting temuan Davis ini masuk spesies baru terlihat dari ciri-cirinya, yakni garis merah di sepanjang toraks (bagian antara kepala dan perut).

Davis Martin Damaledo. DOK IG @kemdikbud_ri


Spesies betinanya mirip dengan Nesiophasma sanannaense tetapi tubuhnya lebih kecil, lebih pendek, gigi lebih sedikit tetapi tampak menonjol, dan bentuknya melengkung. Sementara itu, spesies jantan berwarna krem-coklat, kepala berwarna putih, dan badannya berwarna hijau.

Nah, dua tahun setelah penemuan ini, serangga ranting itu diberi nama Nesiophasma sobesonbaii. Nama tersebut diambil dari pahlawan nasional asal NTT, Sobe Sonbai III.

Sobe Sonbai III adalah raja asal pulau Timor yang melawan kolonial Belanda dan ditangkap pada 1906. Itulah fakta-fakta menarik soal serangga ranting baru. Kamu juga bisa lho menanjadi penemu berawal dan kebiasaan sehari-hari atau hobi. *** medcom.id



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama