Happy News Untuk Guru Usia Senior, Upaya Kemdikbud untuk Sertifikasi Semua Guru di Tahun Ini

Happy News Untuk Guru Usia Senior, Upaya Kemdikbud untuk Sertifikasi Semua Guru di Tahun Ini



Suara Numbei News - Tercatat dalam satuan sekolah ada sekitar 1,5 juta guru yang belum yang sertifikasi baik itu di sekolah negeri maupun di sekolah swasta. Ini juga termasuk guru PNS, PPPK dan Non ASN.

Tentunya Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melakukan beberapa upaya penuntasan ini yang mana guna mendapatkan sertifikat bagi semua guru.

Yang aman terdapat 4 upaya Kemendikbud untuk penuntasan Sertifikasi Guru Tahun 2024. Mulai tahun 2024 ini akan terdapat mekanisme dan sistem yang berbeda dengan tahun 2023 dalam pelaksanaan PPG Daljab.

Upaya Kemdikbud untuk Sertifikasi Semua Guru di Tahun Ini

1. Dilakukan Pendataan Secara Merata

Tercatat dalam satuan sekolah ada sekitar 1,59 juta guru yang belum yang sertifikasi baik itu di sekolah negeri maupun di sekolah swasta. Ini juga termasuk guru PNS, PPPK dan Non ASN.

Akan menjadi fokus pemerintah dalam menuntaskan guru yang belum sertifikasi agar bisa mengikuti PPG Daljab di tahun ini.

Data diatas didapatkan dari data Dapodik per Januari 2024 yang disesuaikan dengan kelulusan UMKMPPG.

Tentunya guru swasta juga akan mendapatkan kesempatan yang terbuka dalam pelaksanaan PPG Daljab.

2. Penyelesaian Program PPG secara Bersinergi

Penuntasan guru sertifikas ini akan terus dilakukan oleh Kemendikbud,  dari tahun 2024 akan terselesaikan sebanyak 550.000 guru, kemudian dilanjutkan di tahun 2025 sebanyak 550.000 dan di tahun 2026 sebanyak 599.988 guru sudah akan bersertifikat pendidik semua.

Ini merupakan penyelesaian yang akan selesai pada tahun 2026 nantinya untuk guru baru akan diambil dari guru sertifikasi jalur ppg prajabatan.

3. Proses Seleksi Dipermudah (Tanpa Seleksi Akademik)

PPG Dalja tahun 2024 ini, Kemdikbud mempermudah nya dengan tidak akan mengadakan seleksi akademik atau tidak ada prioritas akademik.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 2023 untuk tes tentunya harus diundang untuk mengikuti PPG, kemudian peserta akan melakukan pendaftaran pada verval SIMPKB dan ikut seleksi administras dan seleksi akademik

Yang mana nantinya dalam seleksi administrasi dan akademik ada guru yang dinyatakan lulus dan ada yang tidak.

Berbeda dengan tahun 2024 ini, Proses seleksi nanti akan dilakukan pemutakhiran data secara berkelanjutan dan terus menerus setelah mengikuti seleksi akademik.

Peserta tentunya akan terus memonitor akun SIMPKB masing masing, apakah sudah dibuka untuk pemutakhiran data guru

Untuk pemutakhiran data dapat dilakukan di Dapodik sekolah anda, dan silahkan anda upload berkas sesuai dengan ketentuan.

4. Proses Pendidikan yang Dipermudah

Jika di tahun sebelumnya mahasiswa melakukan pembelajaran dengan LMS (Learning Management system) yang mana peran dosen sangat penuh,

Dan di tahun 2024, PPG tergantung kemampuan mahasiswa tersebut, Ini akan lebih fleksibel apakan akan langsung menyelesaikan atau ditunda dulu. 

Artinya peserta bisa dapat mengikuti uji  kemampuan  dan uji kinerjanya (UKMPPG) sera praktik pembelajaran guna mendapatkan serdik.

Karena UP dan UKIN akan diadakan selama 2 bulan sekali.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam pelaksanaan PPG Daljab 2024 ini tentu akan memudahkan juga bag guru yang elah usia senior untuk bisa sertifikasi di tahun ini.

Demikian Kabar baik Untuk Guru Usia Senior, Upaya Kemdikbud untuk Sertifikasi Semua Guru di Tahun Ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. *** naikpangkat.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama