DBD Renggut 2 Warga Kabupaten Belu NTT, 86 Pasien Sudah Sembuh

DBD Renggut 2 Warga Kabupaten Belu NTT, 86 Pasien Sudah Sembuh

CEGAH DBD - Koramil 1605-01/Kota Atambua bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Atambua Barat dan Puskesmas Umanen mengadakan kegiatan himbauan keliling ke rumah-rumah warga dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan pemberantasan sarang nyamuk (30/1/2024) lalu. 



Suara Numbei News Dinas Kesehatan Kabupaten Belu mencatat sejak Januari hingga awal bulan April 2024, terdapat 88 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari jumlah tersebut, dilaporkan terdapat 2 kasus kematian.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Belu, drg. Maria Ansilla Eka Mutty, bahwa kasus DBD terbanyak terjadi di Kota Atambua, dengan jumlah mencapai 31 kasus dan satu orang meninggal, diikuti oleh Atambua Selatan dengan 18 kasus, 1 orang meninggal, Kakuluk Mesak dengan 17 kasus, dan Atambua Barat dengan 12 kasus.

"Dari data yang ada, kita perlu meningkatkan upaya preventif dan promosi kesehatan untuk menekan tren kenaikan kasus DBD. Langkah-langkah ini termasuk pemberantasan sarang nyamuk dan peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya DBD," ungkap drg. Ansilla. Jumat, 5 April 2024.

Untuk mengatasi situasi ini, Dinas Kesehatan telah merencanakan beberapa tindakan lanjut, termasuk melakukan penyuluhan tentang DBD di setiap wilayah kerja Puskesmas, penyelidikan epidemiologi, serta melakukan surveilans aktif di rumah sakit dan sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

Kata drg Ansilla, diagnosis dini juga menjadi fokus, dengan penggunaan tes NS1 di Puskesmas, sementara penanganan pasien DBD dilakukan di rumah sakit wilayah Kabupaten Belu. Selain itu, kegiatan fogging juga akan dilakukan secara intensif.

"Tidak hanya itu, kami juga akan melakukan penaburan Abate di tempat penampungan air di perumahan warga sebagai langkah pencegahan. Bubuk Abate dapat diambil secara gratis di Puskesmas. Kami juga akan melibatkan kerjasama lintas sektor melalui Pokja DBD Belu dan menyediakan call center (081238654568) khusus DBD," pungkas drg. Ansilla. *** flores.tribunnews.com






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama