Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka NTT Latih Petani Desa Lamudur Olah Pakan Ikan

Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka NTT Latih Petani Desa Lamudur Olah Pakan Ikan

Penyuluh Perikanan, Kristina Edita Abuk, S.Kel melatih anggota kelompok tentang cara pembuatan pakan ikan, di Desa Lamudur, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Senin 22 April 2024. 



Suara Numbei News - Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka bersinergi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka melatih anggota kelompok budidaya ikan air tawar di Desa Lamudur, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) yang diselenggarakan oleh Kantor Pertahanan Kabupaten Malaka di Desa Lamudur, Senin 22 April 2024. 

Dalam kegiatan GSRA ini, Kantor Pertanahan memberikan bantuan benih ikan lele dan ikan nila kepada kelompok budidaya ikan. Selain memberikan benih, Kantor Pertahan juga mengundang Nara sumber atau instruktur dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malaka untuk memberikan pelatihan. 

Disaksikan Pos Kupang. Com, instruktur, Kristina Edita Abuk, S. Kel, memberikan pelatihan olah pakan ikan kepada anggota kelompok budidaya ikan. Dita, demikian ia disapa menjelaskan jenis bahan yang digunakan dan cara membuatnya. 

Dita yang adalah penyuluh Perikanan Kabupaten Malaka itu menjelaskan, bahan yang digunakan yakni tepung ikan, tepung kedelai, tepung jagung, tepung padi, vitamin c dan tepung tapioka. Kemudian, siapkan peralatan seperti timbangan, alat cetakan dan saringan. 

Lalu bahan yang sudah dicampur itu dikukus dalam beberapa waktu. Menurut Dita, bahan yang telah dicampur harus dikukus untuk mematikan bakteri yang mungkin terdapat dalam bahan mentah seperti tepung. 

Setelah dikukus, lalu dicetak. Usai cetak dikeringkan dan selanjutnya siap untuk dipakai sebagai pakan ikan. 

Sekretaris Desa Lamudur, Erwianus K. Tae kepada Pos Kupang. Com mengatakan, Pemerintah Desa Lamudur dan masyarakat menyampaikan terima kasih dan apreasiasi kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka yang telah melaksanakan kegiatan GSRA di Desa Lamudur. 

Lewat kegiatan itu, Kantor Pertanahan memberikan bantuan benih ikan lele dan ikan nila sebanyak 500 ekor kepada dua kelompok budidaya ikan yaitu kelompok Saur Oan Lalawar dan Kelompok Sinar Harapan.

Kemudian, Kantor Pertanahan juga memberikan pelatihan pembuatan pakan ikan kepada anggota kelompok. (jen). *** poskupang.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama