Penting! Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat

Penting! Berikut Formasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2024 untuk Daerah Maupun Pusat



Suara Numbei News - Beredar informasi bahwa pemerintah mengambil langkah untuk melakukan pembukaan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Formasi khusus tersebut diperuntukkan pada pengadaan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan pada seleksi tahun 2024.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) merilis jumlah kebutuhan ASN tahun ini sebanyak 2.302.543 formasi. Lalu 22 persen dispesifikkan untuk tenaga pendidik di daerah.

“Dari total kebutuhan ASN nasional, untuk kebutuhan ASN di Pemda (pemerintah daerah) telah disiapkan 419.146 atau 22,45 persen untuk pemenuhan ASN guru di instansi daerah,” kata Menteri PAN-RB, Muhammad Azwar Anas.

Selanjutnya kebutuhan dibuka bagi lowongan dosen, guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis yang ada pada instansi pusat dengan rincian 207.247 CPNS. Di samping itu, kebutuhan dibuka bagi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sebanyak 221.936 PPPK di instansi pusat juga.

Kemudian dibuka juga kebutuhan untuk mengisi ASN di pemda. Terdapat kebutuhan lowongan tenaga teknis di daerah sebanyak 483.575 CPNS. Serta terdapat kebutuhan lowogan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sebanyak 1.383.758 PPPK.

Perlu diketahui, bahwa usulan formasi telah lama ditutup sejak akhir Januari lalu. Per saat ini, telah masuk usulan dari 478 instansi daerah untuk formasi guru. Sebanyak 169 instansi daerah mengusulkan 22.142 formasi guru CPNS. Sedangkan 155.151 usulan PPPK diajukan oleh 467 instansi daerah.

Pihak pemerintah berupaya tuntaskan penataan tenaga Non-ASN yang bakal ditarget selesai akhir tahun 2024. Nantinya, penyelesaian masalah tenaga Non-ASN berdasarkan pada database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pada seleksi CASN tahun ini, ada perbedaan yang mencolok dari tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, pada seleksi yang terdiri dari CPNS dan PPPK tahun 2024 ini bakalan berlangsung sebanyak tiga periode.

Menurut keterangan BKN, pemerintah akan mengumumkan kepastian rekrutmen CPNS dan PPPK di instansi pusat pada Mei mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto.

“Bulan Mei akhir akan kita lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024 meliputi CPNS dan PPPK,” jelas Haryomo Dwi Putranto.

Lebih lanjut, kata dia pelaksanaan tes berlangsung serentak pada Juni 2024, untuk tes CPNS dan PPPK instansi pemerintah pusat. Sedangkan, untuk tes CPNS dan PPPK instansi daerah akan resmi dilakukan pada September 2024.

Informasi rekruitmen CPNS 2024  pada bulan Mei mendatang dapat dilihat melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Pada seleksi pendaftaran CASN tahun ini, terdapat beberapa poin penting yang wajib diperhatikan para pelamar jika bicara mengenai link pendaftaran CPNS 2024 sscasn.bkn.go.id, serta jumlah formasi maupun jadwal resminya.

“Tesnya dilakukan sebulan setelah itu, akhir bulan Juni kita akan melakukan seleksi untuk formasi yang di luar kedinasan atau formasi umum,” ungkap Haryomo Dwi Putranto.

Sebagai informasi, jelang pembukaan pendaftaranseleksi CPNS dan PPPK 2024, sejumlah instansi telah mengumumkan jumlah formasi yang dibuka dalam rekrutmen kali ini.

Seperti halnya, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan membuka total 40.541 formasi CPNS dan PPPK. Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyiapkan sebanyak 110.553 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK dan tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

Berikutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuka 23.200 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024. Formasi itu terdiri atas 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK. *** Naik Pangkat



 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama