Humanisme, Posthumanisme dan Transhumanisme Sebagai Isu Masa Depan Perdaban Umat Manusia

Humanisme, Posthumanisme dan Transhumanisme Sebagai Isu Masa Depan Perdaban Umat Manusia



Suara Numbei News - Beberapa pertanyaan yang muncul dalam teologi melibatkan humanisme, posthumanisme, dan transhumanisme. Kita akan mencoba mendefinisikan masing-masing dan menyoroti bagaimana teologi dapat memikirkan isu-isu masa depan manusia.

Humanisme

Humanisme, dalam pengertian modern, muncul pada abad ketujuh belas dan terdiri dari penempatan nilai-nilai pada otonomi, nalar, dan ilmu pengetahuan.

Humanisme tidak anti-agama, tetapi digambarkan seperti ini karena, jika dibandingkan dengan kepercayaan agama tradisional, humanisme tampak sangat ateis. Otonomi berarti bahwa manusia bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Tidak ada tuhan yang menempatkan kita pada posisi untuk suatu tujuan. Hidup adalah anugerah individu, dan apa yang kita lakukan adalah tindakan otonomi kita.

‍Nalar atau akal adalah panduan hidup. Dalam humanisme, kehidupan yang baik adalah kehidupan yang sesuai dengan penilaian terbaik tentang dunia nyata, dan penilaian ini bertumpu pada penggunaan nalar atau akal. Akal membuat pendidikan menjadi nilai humanis.

Sains adalah metode humanisme. Akal tidak dapat berkembang jika isinya hanya memiliki sedikit atau tidak memiliki kebenaran yang sesuai. Kebenaran yang sesuai berarti bahwa sebuah klaim kebenaran memiliki hubungan yang konsisten dengan realitas, dan sarana dari hubungan tersebut adalah fakta atau bukti. Zaman ilmu pengetahuan adalah zaman nalar atau akal berbasis bukti.

Karena Tuhan bukanlah kesimpulan dari nalar atau akal berbasis bukti, dan karena nalar berbasis bukti adalah nilai humanis, maka sering kali disimpulkan bahwa humanisme adalah ateisme. Akan tetapi, hal ini tidaklah benar. Humanisme dapat menghargai misteri dan dapat menghargai mistisisme. Misteri dan mistisisme dalam humanisme, bagaimanapun juga, bukanlah pengakuan keagamaan; melainkan, mereka mengidentifikasi ujung-ujung pengetahuan manusia dan membuka pengalaman keagamaan yang menakjubkan.

Posthumanisme

Posthumanisme bergantung pada tradisi humanisme dan nilai-nilai humanis seperti alasan berbasis bukti, pentingnya pendidikan, dan otonomi individu. Namun, posthumanisme berusaha untuk mendobrak batasan yang diasumsikan oleh humanisme tradisional antara dunia manusia dan alam. Humanisme, dalam ekspresi klasiknya, menjadikan alam, melalui penggunaan sains, sebagai objek manipulasi manusia.

Posthumanisme mengaburkan batas antara manusia dan alam. Hal ini membuat evolusi menjadi nilai dalam posthumanisme karena mengafirmasi evolusi berarti mengafirmasi bahwa manusia adalah proses alamiah bumi. Reaksi agama fundamentalis terhadap posthumanisme adalah kreasionisme. Kreasionisme melihat posthumanisme sebagai sebuah ancaman.

Transhumanisme

Transhumanisme berusaha untuk membawa, melalui teknologi integratif, pemahaman post humanisme saat ini ke tingkat realitas manusia yang baru. Dengan kata lain, transhumanisme adalah komitmen terhadap jenis posthumanisme tertentu.

Transhumanisme adalah integrasi teknologi dengan pengalaman alami manusia, dan integrasi ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan post humanisme. Apa sifat dari masa depan posthuman kolektif kita yang akan datang? Kedua, haruskah kita menerimanya ataukah menolaknya? Pertanyaan kedua adalah tentang hubungan manusia dengan dunia yang melibatkan teknologi yang mendalam. Pertanyaan tentang hubungan dengan dunia tidak dapat dihindari dan bahkan mungkin merupakan pertanyaan teologis.

Cyborg

“Cyborg” adalah bagian dari gambaran transhumanis, dan kita mengenalnya dari serial TV yang sudah berumur puluhan tahun, Star Trek: The Next Generation. Dalam serial ini, “Borg” adalah cyborg (manusia yang sepenuhnya terintegrasi dengan teknologi). Kemanusiaan dan “mekanikalitas” mereka (untuk menciptakan kata untuk ke-mesin-an) tidak dapat dibedakan.

Borg dapat dilihat sebagai mesin, tetapi mereka juga dapat dilihat sebagai komunitas makhluk, komunitas yang sangat efisien dan sangat terintegrasi dengan mesin, tetapi tetap sebuah komunitas. Tokoh Star Trek “Seven of Nine” adalah mantan Borg yang lolos dari kondisi posthumanisme cyborg transhuman untuk mendapatkan kembali kemanusiaannya, humanismenya, di antara awak kapal luar angkasa Enterprise.

Meskipun serial TV ini ditayangkan dari tahun 1987 hingga 1994, seperti serial Star Trek dari tahun 1960-an, Star Trek: The Next Generation mengangkat pertanyaan menarik dan mengganggu tentang masa depan manusia. Acara ini juga mencontohkan apa yang dimaksud dengan transhumanisme: pertanyaan tentang integrasi teknologi dengan manusia dalam perjalanan menuju masa depan posthumanisme. Karakter Data, sebuah mesin yang ingin menjadi manusia, juga merupakan elemen dari serial ini.

Kekhawatiran Teologis

Perhatian teologis terhadap transhumanisme sebagai jalan menuju posthumanisme baru mengambil bentuk pertanyaan besar Pemazmur dari berabad-abad yang lalu, “apakah manusia itu” (Mazmur 8:4)? Pertanyaan Pemazmur bukanlah tentang seorang individu, tetapi tentang keluarga manusia. Ini adalah pertanyaan tentang ciptaan Allah secara keseluruhan dan tempat manusia dalam keseluruhannya.

Sejak zaman purba, Pemazmur mengajukan pertanyaan tentang masa depan. Sejauh mana manusia harus memanipulasi gambar Allah, yang adalah diri mereka sendiri? Seperti halnya setiap orang yang menghadapi pertanyaan ini, seorang teolog akan memiliki keraguan, ketidakyakinan, ketakutan, tetapi juga harapan. Apakah masa depan kolektif kita setelah kematian adalah sesuatu yang perlu dirayakan atau sesuatu yang perlu dikhawatirkan?

Citra Allah

“Citra Allah” sebagai sebuah metafora memberikan beberapa panduan. Dalam filsafat Kristen tradisional, “citra” adalah tujuan (tujuan dari forma) dari ciptaan manusia. Ingatlah, “forma”, dari Plato, adalah gambaran sempurna dari suatu hal yang bersifat material.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak sempurna, tetapi segala sesuatu yang ada, yang terlihat, berpartisipasi dalam bentuk kesempurnaannya yang tidak terlihat. Dalam filsafat Kristen, secara tradisional dinyatakan bahwa Citra Allah adalah bentuk yang diciptakan Allah untuk manusia. Citra Allah adalah apa yang dimaksudkan untuk menjadi sempurna dalam ketidaksempurnaan kita sehari-hari.

Tentu saja di dalam Alkitab tidak terdapat pengertian filosofis tentang gambar tersebut. Bagi para penulis Alkitab, Citra Allah lebih bersifat aktif daripada pasif. Ini adalah cara Allah membentuk manusia. Ini adalah kehidupan atau nafas yang Allah berikan kepada manusia untuk menjadikan mereka manusia. 

Semua manusia adalah saudara dan saudara karena semuanya adalah Citra Allah, kehidupan dari tindakan penciptaan Allah. Menurut Alkitab, semua manusia adalah pembawa jiwa ilahi atau pembawa energi.

Citra Allah, yang dipahami secara filosofis atau alkitabiah, adalah penting bagi teologi dan pertanyaan tentang transhumanisme karena pertanyaan ini menanyakan sejauh mana pengalaman manusia dengan teknologi mengubah Citra Allah dalam diri manusia? Tidak ada jawaban tunggal untuk pertanyaan ini. Sejauh teknologi meningkatkan kehidupan, maka teknologi meningkatkan “Citra Allah”, yang menurut Alkitab adalah energi kehidupan.

Namun jika teknologi menghancurkan kehidupan, maka teknologi menghancurkan “Citra Allah” dalam kehidupan. Ketika kita berpikir seperti ini, kita akan kembali pada nilai humanis klasik tentang otonomi: sejauh mana manusia bertanggung jawab atas masa depan mereka sendiri?

Teologi menempatkan “Citra Allah” ke dalam pertanyaan tentang masa depan. Teologi mengatakan bahwa upaya transhumanis untuk membentuk masa depan pasca humanisme haruslah merupakan pertanyaan komunal karena “Citra Allah” adalah pertanyaan tentang nilai keluarga manusia. Ini bukan pertanyaan tentang nilai teknologi.*

 


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama