Pasca PAUD Miriam Terakreditasi A, Dinas Pendidikan Kabupaten Malaka Lakukan Bimtek

Pasca PAUD Miriam Terakreditasi A, Dinas Pendidikan Kabupaten Malaka Lakukan Bimtek

Bimtek persiapan akreditasi lembaga pendidikan jenjang PAUD dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang diselenggarakan Dinas Dikbud Malaka di Hotel Cinta Damai, Senin 6 Mei 2024. 



Suara Numbei News - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus mempersiapkan akreditasi lembaga pendidikan jenjang PAUD dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Persiapan tersebut dilakukan dengan bimbingan teknis (bimtek). 

Kegiatan bimtek berlangsung di Hotel Cinta Damai Betun, Selasa 6 Mei 2024. Bimtek dibuka Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., melalui Asisten Administrasi Umum Setda Malaka, Gregorius Fatin, SH. Hadir saat itu, Kepala Badan Akreditadi Nasional Provinsi NTT, Alexander Due. Peserta kegiatan adalah para pengelola PAUD dan PKBM. 

Bupati Malaka dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II, Gregorius Fatin mengatakan, bimtek pemetaan mutu pendidikan dan akreditasi PAUD dan PKBM sebagai kegiatan strategis. 

Dikatakan strategis karena dengan adanya akreditasi lembaga pendidikan jenjang PAUD dan PKBM, mutu pendidikan bisa terukur. Pendidikan pada jenjang ini sebagai fondasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

"Kita lihat beda, anak-anak yang masuk SD setelah sekolah di PAUD. Sehingga, para kepala sekolah PAUD dan pengelola diharapkan serius mengikuti kegiatan bimtek ini," kata Gregorius. 

Pada kesempatan yang sama, Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Dikbud Malaka, Maria Octavia Tena dalam laporannya mengatakan, jumlah PAUD di Malaka sebanyak 217 satuan dan 12 PKBM. Dari total ini, 1 (satu) PAUD sudah terakreditasi A yakni PAUD Miriam Kamanasa. 62 PAUD terakreditasi B, dan 82 terakreditasi C. 75 PAUD lainnya belum terakreditasi. 

Oleh karena itu, bimtek ini dilaksanakan untuk mencapai beberapa tujuan di antaranya terbentuknya rencana aksi supaya mempersiapkan PAUD untuk diakreditasi dan meningkatkan motivasi, komitmen peserta, meningkatkan pemahaman, pengetahuan, sikap, perilaku penyelenggara untuk mutu pendidikan, dan sebagai bekal bagi penyelenggara. *** Poskupang.com



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama