SEDIH! Akses ke Puskesmas Sulit, IRT di Manggarai Timur NTT Meninggal di Atas Tandu

SEDIH! Akses ke Puskesmas Sulit, IRT di Manggarai Timur NTT Meninggal di Atas Tandu

Rofina Nda, Ibu Ruma Tangga asal Satar Mata, Manggarai Timur meninggal dunia di atas tandu saat hendak di bawah ke Puskesmas Mukung, Kota Komba Utara, Manggarai Timur, NTT. (dok.warga)


Suara Numbei News - Sunggu miris nasib warga Satar Mata dan Pong Liang, Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, NTT.

Letak dua kampung tersebut yang sangat terisolir membuat akses ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas sangat sulit.

Akibatnya, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang tengah menderita sakit, meninggal di tengah jalan saat hendak dibawa ke Puskesmas dengan menggunakan tandu.

Kisah memilukan tersebut terjadi pada Minggu 5 Mei 2024. Di mana IRT asal Kampung Satar Mata, Manggarai Timur bernama Rofina Nda yang ditandu warga  meninggal di tengah perjalanan saat hendak dibawah ke Puskesmas Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara.

Erdi Muda, salah satu tokoh masyarakat setempat kepada victorynews.id melalui pesan WhatsApp menjelaskan, Rofina Nda sudah lama menderita sakit. Namun selama ini tak dapat dirawat, sebab Pustu yang ada di kampung tersebut tidak berfungsi karena tak ada tenaga medis.

Sementara akses ke Puskesmas Mukun yang merupakan Puskesmas terdekat harus ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang 5 kilometer dengan melewati tanjakan yang cukup terjal kemudian naik kendaraan umum sejauh hampir 20 kilometer.

Namun karena kondisi kesehatan Rofina Nda semakin parah, suami dan anaknya berinisiatif untuk membawa ke Puskesmas Mukun dengan menggunakan tandu.

 “Sayangnya saat di tengah perjalanan tepatnya di Sungai Wae Mokel, Mama Rofina Nda meninggal dunia dengan posisi masih di atas tandu,” jelas dia.

Hal tersebut meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga, kerabata dan para tetangganya. Sebab, Rofina Nda tak sempat dirawat di Puskesmas.

“Seandainya ada perhatian pemerintah terhadap Pustu di sini dengan menempatkan tenaga medis, paling tidak ada upaya penyelamatan yang dilakukan,” tandas dia lirih.*** victorynews.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama