Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Maumere NTT ‘Panen Besar’ Tahun Ini: 48 Frater SVD Segara Ditahbiskan Jadi Diakon

Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Maumere NTT ‘Panen Besar’ Tahun Ini: 48 Frater SVD Segara Ditahbiskan Jadi Diakon

Kapela Agung Seminari Tinggi St Paulus Ledalero, Maumere


Suara Numbei News - Kabar gembira datang dari Provinsi SVD Ende untuk gereja Katolik di Indonesia dan dunia.

Pada 2 Juni 2024 mendatang, Seminari Tinggi St Paulus Ledalero, yang berada di bawah Provinsi SVD Ende, memetik ‘panenan besar’.

Betapa tidak, 48 frater yang dididik di Seminari Tinggi ini akan menerima tahbisan Diakon, dan selanjutkan akan ditahbiskan menjadi imam pada September mendatang.

Pentahbisan 48 Frater menjadi Diakon tersebut akan dilaksanakan di Kapela Agung Seminari Tinggi Ledalero yang sering dijuluki Tempat Sandar Matahari. Seminari ini berada sekitar 10 km arah selatan Kota Maumere, pusat Keuskupan Maumere.

Secara angka, jumlah 48 Frater ini merupakan yang terbanyak dalam sejarah perjalanan misi SVD di Flores.

Sejauh ini, Seminari Tinggi St Paulus Ledalero memanen imam, berkisar 10-25 orang.

Jumlah ‘panenan’ terbanyak yang pernah diraih Seminari Tinggi ini yatu 40 orang. Mereka ditahbiskan pada tahun 1984. Jumlah tersebut terjadi karena  dua angkatan frater ditahbiskan secara bersama-sama akibat masa tahun orientasi pastoral yang berubah, dari dua tahun menjadi satu tahun.

48 frater SVD yang akan ditahbiskan menjadi diako pada 2 Juni 2024


Jumlah terbesar berikutnya, 32 orang. Mereka ditahbiskan pada September 1992, tiga bulan sebelum gempa dahsyat meluluhlantakan Flores, termasuk sebagian bessar bangunan Seminari Tinggi st Paulus Ledalero.

Peristiwa Juni nanti kembali menegaskan Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Maumere dalah seminari tinggi terbesa di dunia, dan mencetak imam terbanyak di dunia.

Seminari ini juga telah mengirimkan sekitar 700-an misionaris ke 80 negara di dunia.***



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama