Stok Solar di Kabupaten Belu NTT Kosong Hampir Sepekan

Stok Solar di Kabupaten Belu NTT Kosong Hampir Sepekan

Foto: Sejumlah SPBU di Kabupaten Belu, NTT mengalami kelanggakan BBM jenis solar, Senin (27/5/2024). (Dok Humberto Da Costa Freitas


Suara Numbei News - Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), dilaporkan kehabisan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sejak pekan lalu. Seperti di SPBU Fatubenao, SPBU Halifehan, dan SPBU Wekatimun.

"Hampir semua SPBU di Kabupaten Belu stok solarnya kosong," ujar salah satu warga, Humberto Da Costa Freitas kepada detikBali, Senin (27/5/2024).

Pria berusia 30 tahun itu menjelaskan akibat dari kelangkaan solar sejumlah kendaraan roda enam terpaksa diparkir di area SPBU. Bahkan, kata Humberto, sejumlah SPBU pun memasang pemberitahuan tentang kehabisan stok solar.

"Ini sudah langka sejak hari Rabu (22/5/2024). Semua truk dump pada parkir karena tidak ada BBM," jelas Humberto.

Dia berharap persoalan tersebut segera diatasi agar roda ekonomi masyarakat Kabupaten Belu tidak terhambat. Menurutnya, kelangkaan solar bisa ditoleransi jika baru terjadi satu atau dua hari.

"Pemda Belu dan Pertamina harus bertanggung jawab mengatasi masalah ini," tegasnya.

Sopir lain, Silvester Suse, menuturkan dari sekian SPBU, masih ada beberapa yang stok solarnya masih tersedia. Namun, pengisiannya lebih mengutamakan mobil-mobil proyek.

"Sehingga kami yang mau isi hanya untuk kebutuhan cari penumpang itu tidak bisa. Jadi kami maklumi saja kalau tidak kebagian," terang Silvester.

Pria asal Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, itu menambahkan akibat dari kelangkaan itu, mobil pikapnya yang masih mengandalkan solar sebagai bahan bakar terpaksa diparkir untuk sementara waktu.

"Saya sudah cek selama empat hari ini tapi memang tidak ada stok solar, makanya saya parkir saja.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina Patraniaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi, mengatakan segera mengecek stok solar ke setiap SPBU di Kabupaten Belu. "Kami segera cek ke SPBU di sana ya," kata Ahad singkat.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTT Jusuf A Adoe mengatakan akan berkoordinasi dengan pertamina terkait kelangkaan itu. Sehingga bisa mengetahui penyebab kelangkaannya.

"Saya segera hubungi pak Ziko Wahyudi, Sales Manager Area di Kupang, untuk cek distribusinya dan kelangkaan yang terjadi karena itu kewenangan mereka," kata Yusuf. ***






Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama