Duta Besar Vatikan dan Provinsial SVD Seluruh Dunia Akan Hadir Saat Tahbisan Uskup Agung Ende Mgr. Paulus Budi Kleden, SVD

Duta Besar Vatikan dan Provinsial SVD Seluruh Dunia Akan Hadir Saat Tahbisan Uskup Agung Ende Mgr. Paulus Budi Kleden, SVD

Pater Paul Budi Kleden Uskup Terpilih Agung Ende



Suara Numbei News - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo dan 37 Uskup di Indonesia serta Provinsial SVD di seluruh dunia direncanakan hadir di Kabupaten Ende saat pentahbisan Mgr. Paulus Budi Kleden, SVD menjadi Uskup Keuskupan Agung Ende (KAE), pada Kamis, 22 Agustus 2024 di Gereja Katedral Kristus Raja.

Selain Mgr. Piero Pioppo dan 37 Uskup di Indonesia, Uskup Agung Jakarta, Ignasius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dan Ketua Presidium KWI, Mgr Antonius Bunjamin, OSC juga direncanakan bakal hadir.

Misa penthabisan Uskup Agung Ende, Mgr Paulus Budi Kleden, SVD oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo bertepatan dengan perayaan Santa Maria Perawan Maria Ratu.

Hal itu disampaikan Administrator Diosesan Keuskupan Agung Ende, RD Yosef Daslan Moang Kabu melalui kanal YouTube resmi Keuskupan Agung Ende, Senin, 3 Juni 2024.

"Segala hal yang berkaitan dengan rangkaian penthabisan uskup akan disampaikan pada waktunya setelah dimulainya pertemuan bersama panitia," ujar RD Yosep Daslan.

Sementara itu, Pj Bupati Ende, Dr Agustinus G Ngasu ditunjuk menjadi ketua panitia saat rapat perdana persiapan penthabisan Uskup Agung Ende, Sabtu, 8 Juni 2024 di  pendopo Rumah Keuskupan Agung Ende yang dihadiri sekitar 120 orang yang merupakan Dewan Konsultores, perwakilan para imam, biarawan-biarawati dan para tokoh awam.

Agustinus G Ngasu selaku Ketua Panitia Pentahbisan Uskup Agung Ende memastikan pelaksanaan misa pentahbisan Uskup KAE berlangsung di Gereja Katedral Ende dan dalam pelaksanaannya meliputi empat rangkain penting yakni penjemputan uskup baru, salve agung, misa pentahbisan uskup dan misa pontifikal.

"Untuk penjemputan Uskup sendiri belum ada kepastian jadwal penjemputan Uskup di Bandara H. Hasan Aroeboesman mengingat Yang Mulia Bapak Uskup terpilih, Mgr Paul Budi masih sedang menyelesaikan tugas sebagai Superior Jendral Serikat Sabda Allah (SVD) di Roma,“ kata Gusti Ngasu. 

Agustinus G Ngasu juga mengatakan para Provinsial SVD seluruh Dunia, tokoh awam Katolik di Jakarta, tokoh Katolik Provinsi NTT, tokoh Katolik di Keuskupan Agung Ende dan perwakilan umat dari tiga kevikepan di wilayah Uskup Agung Ende juga akan hadir.

"Nanti kita undang perwakilan tokoh umat dari tiga kevikepan yakni dari Ende, Mbay dan Bajawa dan juga tentu saja undangan untuk keluarga Mgr dan rekan- rekannya "ujar Agustinus G Ngasu.

Namun, lanjut dia, mengingat kapasitas Gereja Katedral Kristus Raja Ende yang terbatas maka bagian dalam gereja dikhususkan bagi para uskup, imam dan juga para biarawan-biarawati namun dibatasi dan juga tokoh awam Katolik. 

"Untuk biarawan-biarawati Provinsial satu ordo atau tarekat hanya dua orang," kata Gusti Ngasu yang juga sebagai juru bicara Panitia Pentahbisan. *** flores.tribunnews.com





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama