Lihat Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB

Lihat Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB



Suara Numbei News - PPG Daljab 2024 kemungkinan besar akan segera dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Bagi para guru yang berminat mengikuti program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tersebut diharapkan untuk selalu cek aplikasi SIMPKB secara berkala untuk melihat informasi terbaru.

PPG Daljab 2024 ini memang belum dibuka pendaftarannya hingga sekarang. Sehingga banyak kalangan guru yang berminat mengikuti program tersebut, sudah tak sabar menantinya.

Sementara itu, saat ini Kemendikbudristek, tengah fokus melaksanakan PPG Prajabatan 2024 yang sedang berlangsung. Dan untuk PPG dalam jabatan, diperkirakan akan dibuka sebentar lagi.

Mengikuti PPG bagi para guru yang sudah aktif mengajar adalah hal sangat penting. Selain dapat belajar lagi tentang konsep-konsep mengajar terbaru, juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan tunjangan dari pemerintah dalam bentuk TPG yang dapat cair setahun empat kali (per triwulan).

Tahun ini, pelaksanaan PPG Daljab 2024 konon akan dipermudah dan kuotanya sangat besar.

Pasalnya, peserta atau mahasiswa PPG Daljab 2024 bisa belajar secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara online tanpa melibatkan kehadiran LPTK secara langsung. Setelah belajar mandiri tersebut, mahasiswa peserta tinggal melakukan ujian dan mendapatkan sertifikat pendidik jika lulus.

Kuota yang disediakan untuk PPG Daljab tahun ini disebut tak terbatas. Sehingga guru ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun non-ASN yang berjumlah 1,6 dan belum memiliki sertifikat pendidik, kemungkinan bisa mengikuti secara bersamaan.

Nah, setidaknya terdapat 5 kategori guru yang menjadi sasaran PPG Daljab tahun ini. Di antaranya adalah guru penggerak, guru yang sudah pernah mengikuti seleksi PPG Daljab, guru yang terdapat di Dapodik pada tahun 2023, guru ASN yang akan alih fungsional, dan guru-guru yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik berbeda meskipun sebelumnya sudah pernah mendapat sertifikat pendidik.

Untuk mengetahui informasi terbaru meliputi cara melihat undangan PPG Daljab 2024, pendaftaran, dan lain sebagainya dapat diketahui dan dilakukan melalui SIMPKB.

SIMPKB sendiri adalah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan. Sistem ini menjadi pintu utama Kemendikbudristek memberikan pelayanan agar para guru dapat mencapai perubahan yang diinginkan.

Di dalam sistem ini, pendaftaran PPG Daljab 2024 dapat dilakukan. Selain itu, undangan bagi yang berhak juga dapat dilihat melalui sistem ini.

Untuk guru penggerak dan para guru yang sudah pernah mengikuti seleksi administrasi, tidak perlu melakukan pendaftaran. Melainkan akan mendapatkan pemberitahuan atau undangan melalui SIMPKB tersebut.

Sementara itu, bagi yang belum pernah mengikuti seleksi, misalnya bagi guru yang baru terdaftar di Dapodik pada tahun 2023, dapat melakukan pendaftaran secara langsung melalui aplikasi SIMPKB tersebut. Untuk itu, wajib memiliki akun baru jika belum pernah mendaftar.

Cara Login di SIMPKB dan Melihat Undangan PPG Daljab 2024

Bagi yang sudah memiliki akun di SIMPKB, cara login di SIMPKB sangat mudah; tinggal memasukkan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, pengguna akan melihat halaman dasbor pada aplikasi SIMPKB tersebut.

Untuk bisa masuk di dalam sistem SIMPKB ini bisa menggunakan akun Belajar.id ataupun akun SIMPATIKA.

Jika Anda lupa dengan akun atau password, ini memang cukup rumit. Sebab, Anda harus menghubungi admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan di daerah masing-masing

Dan jika sudah berhasil masuk di dalam aplikasi tersebut, ada sejumlah informasi yang bisa diketahui apakah nama yang bersangkutan mendapatkan panggilan atau undangan PPG Daljab 2023 atau tidak.

Berikut ini adalah contoh pemberitahuan dalam sistem SIMPKB jika Anda mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG Daljab 2024:

 “Ajuan data Anda telah disetujui pada PPG Dalam Jabatan 2023.”

Jika Anda melihat pesan tersebut pada profil Anda, itu berarti Anda mendapatkan panggilan untuk mengikuti program tersebut di tahun 2024 ini.

Pesan di atas, akan didapatkan untuk para guru yang sudah pernah mengikuti seleksi PPG Daljab namun belum terealisasi atau guru penggerak. Namun jika belum pernah mengikuti seleksi administrasi atau pre-test, maka harus mengikuti seleksi sejak awal.

Atau bahkan jika belum memiliki akun di SIMPKB, harus lebih dulu membuatnya di aplikasi tersebut.

Cara Daftar SIMPKB dan Mengajukan Seleksi PPG Daljab 2024

Cara untuk membuat akun di SIMPKB sebenarnya cukup mudah. Sebab, Anda bisa masuk ke dalam sistem tersebut menggunakan akun Belajar.id tanpa harus membuat akun dari awal.

Namun jika ingin mendaftar dengan akun baru, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah cara daftar akun baru di SIMPKB:

1.      Kunjungi laman SIMPKB pada link berikut ini: https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2.       Klik pada tombol daftar jika belum punya akun, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman registrasi akun GTK.

3.      Isikan nomor UKG dan tanggal lahir Anda (pastikan Anda telah mengetahui no UKG Anda sebelumnya)

4.      Centang pada captcha “Saya Bukan Robot”

5.       Klik Register

6.      Setelah itu, isi data-data yang dibutuhkan dengan teliti. Jangan sampai salah dalam menulis nama, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Sebab itu semua bisa menjadi masalah di depan.

Jika pendaftaran tersebut selesai, silakan cek akun SIMPKB secara berkala. Jika data-data sudah terkoneksi dengan Dapodik (Data Pokok Pendidikan), kemungkinan Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mendaftar sebagai peserta PPG Daljab 2024 dengan keterangan sebagai berikut:

“Anda mendapat kesempatan sebagai kandidat peserta PPG Daljab 2024, silahkan lengkapi dan ajukan data profil Anda”.

Langkah selanjutnya, silahkan lengkapi profil dan data-data yang dibutuhkan hingga memenuhi semua persyaratan. Jika semua sudah selesai (dengan tanda centang hijau), Anda bisa mengajukan berkas.

Nantinya, berkas tersebut akan mendapatkan verifikasi dari BBGP daerah masing-masing untuk menentukan guru yang bersangkutan bisa ikuti PPG Daljab 2024 atau tidak.

Jika tidak bisa ikut tahun ini, bisa jadi nama Anda akan terpanggil atau mendapatkan undangan di tahun 2025 yang akan datang setelah melakukan pendaftaran tersebut.

Nah, itulah cara login dan juga cara daftar akun SIMPKB sekaligus daftar untuk mengikuti PPG Daljab 2024.



 

 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama