Pahami Komentar Vulgar dan Implikasi Citra Diri

Pahami Komentar Vulgar dan Implikasi Citra Diri



Suara Numbei News - Media sosial adalah platform online yang memungkinkan pengguna berinteraksi, berbagi, dan membuat konten dengan mudah seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan realitas virtual (Rafiq, 2020). Melalui media sosial, memungkinkan seseorang berkomunikasi, dan berinteraksi dengan pengguna lain walaupun tidak mengenal satu sama lain.

Kolom komentar disediakan bagi pengguna media sosial seperti dalam Instagram, Twitter atau saat ini disebut X, dan TikTok. TikTok adalah platform media sosial yang terkenal di seluruh dunia karena konten K-pop dan banyak lagi. K-Pop atau musik pop Korea adalah genre musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

Banyak artis dan grup pop Korea yang mendapatkan popularitas di berbagai negara (Ri'aeni, 2019). Konten-koten K-pop tidak luput dari komentar pengguna media sosial, komentar yang diperoleh dapat diperoleh dari penggemar kpop atau kpopers yang tidak sejati, karena berkomentar vulgar pada artis korea yang disukai.

Seorang penggemar K-pop yang sejati mendukung idolanya dengan penuh kasih sayang, menghormati privasi dan martabat artis, serta menjaga sikap sopan dan santun dalam interaksi di media sosial. Penggemar K-pop memberikan dukungan yang positif dan menghargai karya serta upaya yang telah dilakukan oleh idolanya.

Komentar yang diberikan seseorang pada media digital tentu akan meninggalkan jejak digital yang sulit dihapus kalau sudah berbekas dan menjadi kesan seorang pembaca terhadap yang berkomentar. Komentar vulgar pada media sosial menunjukkan kualitas diri seseorang, melalui pemikiran, dan tingkah laku dalam aspek Kpopers, yang berkomentar vulgar bukanlah Kpopers sejati.

Persepsi para Kpopers berpendapat bahwa mereka menemukan komentar vulgar pada media sosial seperti dalam TikTok, dan Instagram, namun TikTok menjadi media sosial dengan komentar vulgar terbanyak yang pernah ditemukan. Faktor yang mempengaruhi para Kpopers berkomentar vulgar karena perasaan kesepian, sehingga para Kpopers membaca au atau alternative universe.

Komentar vulgar di media sosial seperti pada video TikTok menunjukkan bahwa penyebab seseorang berkomentar vulgar merupakan dari diri sendiri. Apa yang dilihat dan dibaca seseorang dapat mempengaruhi cara berpikirnya, karena informasi dan pandangan yang diterimanya dari berbagai sumber dapat membentuk pandangan, keyakinan, dan sikapnya terhadap berbagai hal dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan.

Menurut Brown, citra diri adalah gambaran yang dimiliki seseorang dalam pikirannya. Citra diri ini terdiri dari tiga aspek. Pertama, pengetahuan tentang dunia fisik yang membantu manusia memahami dirinya berdasarkan sifat-sifat yang terlihat, terutama jika pengetahuan tersebut bersifat subjektif.

Kedua, citra diri yang terbentuk dari dunia sosial, yaitu melalui interaksi dan perbandingan sosial, di mana individu terus-menerus membandingkan dirinya dengan orang lain.

Ketiga, dunia psikologis yang meliputi harga diri dan pemahaman batin. Individu dengan harga diri yang positif cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ambisi, dan kemampuan untuk menetapkan tujuan hidup yang jelas (Dela, dalam Rosandi, 2023).

Sebagian besar penggemar K-pop tidak terima jika idolanya mendapat komentar vulgar, karena dapat merusak citra dan kesehatan mental artis. Penggemar K-pop sejati cenderung melindungi dan mendukung idolanya dari segala bentuk pelecehan dan intimidasi.

Penggemar yang melontarkan komentar vulgar bukanlah penggemar sejati karena tidak mencerminkan sikap penghargaan dan dukungan yang seharusnya diberikan oleh penggemar sejati. Komentar vulgar dapat merusak citra penggemar K-pop secara keseluruhan dan bertentangan dengan nilai-nilai positif yang patut dijunjung tinggi.

Melalui komentar vulgar justru seseorang dapat melihat citra diri seseorang. Berkomentar vulgar terkesan orang tersebut memiliki perilaku seksualitas yang tinggi, bahkan tidak dapat menahan diri untuk berkomentar tidak pantas di media sosial. ***



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama