Perarakan Akbar Patung Bunda Maria Nai Feto Malaka Kembali Digelar di Kabupaten Malaka

Perarakan Akbar Patung Bunda Maria Nai Feto Malaka Kembali Digelar di Kabupaten Malaka

Rapat Perencanaan Kegiatan dan Pembentukan Panitia Perarakan Akbar Patung Bunda Maria Nai Feto Malaka di Aula Paroki St. Maria Fatima Betun, Kabupaten Malaka.


Suara Numbei News - Umat Allah Dekenat Malaka, Keuskupan Atambua, Nusa Tenggara Timur, akan kembali menggelar perarakan akbar patung Bunda Maria Nai Feto Malaka.

Perarakan Akbar ini merupakan perayaan iman umat diselenggarakan dua tahunan di Wilayah Dekenat Malaka sejak tahun 1958 dan telah menjadi ziarah Rohani Umat di Kabupaten Malaka.

Pada tahun 2020 dan 2022 perarakan Patung Bunda Maria tertunda karena Pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Pada tahun 2024, kerinduaan umat untuk menjumpai dan berjalan bersama Bunda Maria bisa kembali terwujud.

Deken Malaka, Pastor Hironimus Moensaku, SVD  membuka Rapat Perencanaan Kegiatan dan Pembentukan Panitia Perarakan Akbar Patung Bunda Maria Nai Feto Malaka di Aula Paroki St. Maria Fatima Betun, Kabupaten Malaka.

Rapat ini dihadiri oleh 20 orang Pastor Paroki, Pastor Pembantu, DPP dan utusan  biara dalam dekenat Malaka.

Pater Hirominus mengungkapkan bahwa tujuan perarakan ini dilaksanakan adalah sebagai bentuk perayaan iman dan usaha menghayati peran Bunda Maria dalam Karya keselamatan Allah bagi Manusia.

Bunda Maria mendapat tempat yang istimewa di hati umat. Oleh karena itu, selain melestarikan warisan iman yang ditinggalkan oleh para misionaris terdahulu, perarakan akbar ini meningkatkan semangat umat untuk bersinodalitas di dalam hidup menggereja dengan meneladani semangat Bunda Maria.

Ketua DPD Dekenat Malaka, Petrus Bria Seran dalam arahannya menegaskan akan kehadiran Bunda Maria yang membawa sukacita di tengah situasi hidup umat.

Patung Bunda Maria yang mengunjungi Umat, haruslah disambut dengan gembira dalam doa dan ekspresi.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sebagai warisan iman di Dekenat Malaka, perarakan ini mesti melibatkan partisipasi umat secara utuh dan penuh.

Perarakan Akbar Patung Bunda Maria Nai Feto Malaka akan dilaksanakan pada 1 September 2024 – 31 Oktober 2024.

Perarakan ini akan mengelilingi 20 Paroki yang ada di Dekenat Malaka.

Selama berlangsung  perarakan diselenggarakan Pameran Ekonomi Kreatif di Lapangan Gereja Paroki St. Maria Fatima Betun. Selain itu, digelar lomba dalam berbagai kategori,  meliputi  Lomba Kesenian, Olahraga, Tutur Kitab Suci, Menyanyi Mazmur dan lomba pembuatan Video Profil Paroki bagi OMK.

Lomba-lomba dalam bidang Keseniaan di antaranya Likurai, Tebe Bot, Tala, Bidu dan Paduan Suara sedang di bidang kesniaan akan ada Pertandingan Bola Kaki Putra dan Bola Voli Kategori Putera dan Puteri. (*) Katolikana



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama