Ternyata ini Bocoran tentang Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 dari Panselnas

Ternyata ini Bocoran tentang Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 dari Panselnas



Suara Numbei News - Soal Seleksi CPNS dan PPPK sudah jadi. Dan berkasnya sudah diberikan kepada Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) pengadaan ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun 2024.

Terdapat beberapa hal yang menarik yang perlu diperhatikan dari soal yang telah selesai dibuat tersebut. Di antaranya adalah masalah keamanan dalam melakukan proses transfer soal tersebut.

Mengingat soal sudah jadi, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024 tampaknya memang akan segera dibuka untuk umum. Sejauh ini kabar terbarunya masih dalam proses tahap verifikasi dan validasi untuk pengajuan formasi di sejumlah daerah.

Sementara itu, update terbaru bahwa soal untuk seleksi CPNS dan PPPK tahun ini sudah jadi.

Naskah soal sudah diberikan secara simbolis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada perwakilan Panselnas yaitu Kementerian PANRB pada hari Selasa (04/06) kemarin di Jakarta yaitu di Kantor Kementerian PANRB.

Dalam menyusun soal seleksi CPNS dan PPPK 2024 ini diketahui melibatkan sejumlah pihak yang dapat dipercaya.

Disebutkan bahwa dalam menyusun soal tersebut melibatkan setidaknya 38 perguruan tinggi se-Indonesia. Artinya, kualitas soal tidak perlu dipertanyakan lagi dalam arti soal-soal yang dibuat telah disesuaikan dengan teori-teori terbaru dan konteks masa kini.

Ujian yang akan diberikan kepada peserta ujian CPNS 2024 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk CPNS, salah satu soal yang harus dikerjakan adalah soal-soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sementera itu untuk menguji peserta seleksi PPPK 2024, terdapat sejumlah soal yang akan diberikan dalam beberapa tahap ujian yang akan dilakukan; yakni meliputi Seleksi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, Wawancara, dan Seleksi Kompetensi Teknis.

Itulah soal-soal yang perlu dikerjakan oleh peserta ujian seleksi CPNS dan PPPK pada tahun 2024 nanti.

Sejauh ini memang belum ada informasi resmi kapan dibukanya pendaftaran seleksi pengadaan ASN tersebut. Namun informasi yang menyebar di kalangan media, pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 akan dilakukan pada bulan Juli 2024 mendatang.

Mengingat tidak lama waktu tersebut, para calon peserta seleksi diharapkan untuk melakukan persiapan mulai saat ini.

Salah satu caranya adalah dengan latihan mengisi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS tahun-tahuns sebelumnya. Meskipun tidak akan sama persis dengan isi soal tahun ini, paling tidak bisa menjadi gambaran.

Untuk peserta ujian PPPK bisa latihan mengisi soal-soal seleksi kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan soal-soal seleksi kompetensi teknis.

Dipastikan soal yang telah disusun untuk ujian seleksi ASN tahun ini aman dari pembajakan atau kebocoran data kepada pihak manapun. Selain itu, soal juga dibuat secara objektif dan profesional.

Perlu diketahui, dalam penyerahan soal seleksi CPNS dan PPPK 2024 ini dipastikan aman karena diserahkan dalam bentuk digital yang telah terenkripsi.

“Kami menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan kerahasiaan soal-soal ini,” ucap Abdul Hakim selaku Plt. Deputi Bidang SDM Kementerian PANRB seperti dikutip dari laman resminya.

Perlu diketahui juga bahwa yang bertindak sebagai Panselnas dalam seleksi CPNS dan PPPK 2024 ini melibatkan sejumlah pihak. Selain KemenPAN RB, ada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Semua itu merupakan Panselnas dalam ujian penjaringan ASN di tahun 2024 ini.

Selama transfer soal nantinya, semuanya juga dipastikan aman karena melibatkan para ahli dari Panselnas seperti yang telah disebutkan di atas.

Sementera itu, Kemendikbudristek yang bertanggung jawab menyusun soal-soal ujian ini juga mengatakan bahwa soal yang telah disusun memiliki kualitas yang baik.

Selain sudah ditelaah secara mendalam dan dilakukan pendampingan penjaminan mutu oleh Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, soal yang disusun juga akan menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga soal yang akan disajikan dipastikan mudah dipahami oleh peserta ujian.

Dan tak perlu khawatir ada kecurangan dalam pengerjaan soal pada saat ujian nanti. Pasalnya, semuanya akan diawasi oleh pihak-pihak yang profesional.

“Keseluruhan proses penyusunan soal telah menggunakan sistem pengamanan teknologi yang digawangi oleh BSSN, serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN, dan BPKP,” ucap Suharti sebagai perwakilan dari Kemendikbudristek.

Nah, dengan demikian, soal-soal yang akan digunakan dalam ujian seleksi CPNS dan PPPK 2024 nanti dipastikan aman dari kebocoran dan menutup kemungkinan bagi para peserta yang akan melakukan kecurangan.

Diharapkan dengan proses ujian yang aman, transparan, dan profesional tersebut dapat mencetak pegawai ASN yang memiliki keterampilan, wawasan, dan kinerja yang baik.

Sumber Berita : https://menpan.go.id/



 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama