BMKG Prediksi Suhu Dingin di NTT Akan Berlangsung Sampai Akhir Juli 2024

BMKG Prediksi Suhu Dingin di NTT Akan Berlangsung Sampai Akhir Juli 2024



Suara Numbei News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu dingin di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan berakhir pada akhir Juli 2024. Suhu dingin di NTT telah berlangsung sejak Juni 2024.

"Untuk cuaca dingin ini dimulai bulan Juni, puncaknya bulan Juli 2024, dan bulan Agustus kondisinya sudah mulai kembali normal," ujar Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenot'ek, melalui sambungan telepon, Rabu (17/7/2024).

Menurut Sti, salah satu faktor yang memengaruhi suhu dingin dikarenakan udara dingin dari Benua Australia. "Ada juga pengaruh karena angin timur-tenggara membawa masa udara dingin dari Benua Australia," katanya.

Angin dominan dari arah timur membawa massa udara kering dan dingin dari daratan Australia ke Indonesia sehingga tidak mendukung pertumbuhan awan. Situasi ini menyebabkan langit menjadi cerah sepanjang hari. "Saat ini, wilayah Indonesia, khususnya bagian selatan masih berada pada musim kemarau," jelasnya.

Sejak tiga hari terakhir, kata Sti, cuaca cerah mendominasi hampir di seluruh Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Sulawesi bagian selatan.

"Kurangnya tutupan awan pada malam hari menyebabkan radiasi panas dari permukaan bumi terpancar ke atmosfer tanpa ada hambatan, mengakibatkan penurunan suhu yang signifikan. Selain itu, angin yang tenang di malam hari menghambat pencampuran udara sehingga udara dingin terperangkap di permukaan bumi," terangnya.

Daerah dataran tinggi atau pegunungan cenderung lebih dingin karena tekanan udara dan kelembapan yang lebih rendah. "Kondisi dingin ini merupakan fenomena yang umum terjadi di Indonesia saat musim kemarau," tambahnya.

Cuaca cerah berawan diperkirakan masih akan mendominasi wilayah Indonesia sepekan ke depan, khususnya bagian selatan. "Meskipun demikian, potensi hujan dengan intensitas signifikan masih dapat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan," jelasnya. *** detik.com





Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama