Cinta Dan Kenakan Tenunan Daerah Malaka Hasil Produksi Sendiri

Cinta Dan Kenakan Tenunan Daerah Malaka Hasil Produksi Sendiri

Hasil Tenun Mama Yulita Ni'is,Penenun Belu (Foto: Dok/Yuliana Ni'is)


Suara Numbei News - Rasa cinta dan bangga terhadap kain tenun dari daerah kabupaten 
Malaka, mendorong mama Yuliana Ni'is penenun yang juga warga Belu keturunan Malaka, memilih untuk terus giat menenun. Berawal Dari belajar otodidak hingga kini mahir merangkai tenun ikat motif manlea Malaka.

Demikian disampaikan Penenun Belu, Yuliana Ni'is dalam perbincangan bersama RRI Atambua, ditulis Selasa,(13/8/2024). “ Menenun itu kita lakukan gampang-gampang sulit, karena pekerjaan in butuh proses dan ketelitian.  Selain itu dalam menenun kita harus kreatif, kita juga bisa inovasi dengan modifikasi bahan biar hasil produksinya berkualitas,” katanya.

Sejak 2011 dirinya mulai tekun menenun secara tradisional, hingga telah hasilkan puluhan lembar kain tenun, walau kegiatan dilakukan sebagai pengisi waktu luang. Yuliana yang juga seorang guru ASN in, mengaku pengetahuannya mendukung profesi sebagai tenaga pengajar mana dapat mengajarkan kepada siswinya selain tampil rapi, tenunannya di kreasikan menjadi busana.

Bukti kecintaan terhadap karya tenun, mama Yuliana kini mengoleksi puluhan lembar kain tenun karyanya sendiri. Bahkan untuk menjaga kualitas kain dan keawetan kain tenun, secara rutin melakukan perawatan dengan menjemur kain tenunan yang disimpat secara berkala. " Saya bangga bisa kenakan koleksi hasil karya sendiri, apalagi dimodif," ucapnya

“ Kalau yang saya tenun sendiri bisa sampai seratus lebih, tapi ada yang saya kasih sodara atau teman, dan lainnya saya simpan.ada puluhan kain tenun sudah saya hasilkan. Saya tidak saya jual meskipun ditawar dengan mahal, ada kebanggaan tersendiri saat kita kenakan yang edisi terbatas dan itu kita buat sendiri,” kata mama Yuli

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama