NTT Sudah Memasuki Musim Kemarau, Bijak Manfaatkan Air

NTT Sudah Memasuki Musim Kemarau, Bijak Manfaatkan Air

Kondisi kekeringan lahan perkebunan saat musim kemarau di Petuk, Kota Kupang-NTT, Rabu (21/8/2024).(Foto:RRI/Vongky).


Suara Numbei News - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah memasuki musim kemarau. Dihimbau kepada masyarakat dapat memanfaatkan air dengan bijak.

Dikutip dari info BMKG NTT, berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II Agustus 2024 dikategorikan hujan rendah 0 – 50 mm/Das dengan umumnya NTT mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) kategori sangat pendek. Demikianpun dengan curah hujan untuk Dasarian III Agustus 2024, umumnya NTT mengalami curah hujan kurang dari 20 mm/Das dengan peluang sebesar 91 persen.

Selain itu, disampaikan aliran massa udara di Indonesia umumnya didominasi angin timuran dengan anomali suhu permukaan laut di sekitar wilayah NTT lebih dingin dibanding normalnya. Hal ini bisa berpotensi pada penurunan pertumbuhan awan di NTT. 

Berkaitan dengan tersebut, BMKG menghimbau masyarakat NTT untuk mewaspadai bahaya iklim ekstrem seperti angin yang dapat menyebabkan pohon ataupun infrastruktur usang tumbang. Terakhir, dihimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan yang bisa memicu potensi kebakaran hutan atau lahan. (VL) *** rri.co.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama