Seorang Warga Kabupaten Belu NTT Meninggal Akibat Rabies

Seorang Warga Kabupaten Belu NTT Meninggal Akibat Rabies



Suara Numbei News - Dinas Kesehatan Kabupaten Belu mencatat tambahan warga yang meninggal dunia akibat terjangkit rabies.

Jumat 2 Juli 2024, satu korban berinisial FH, warga Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu, meninggal dunia akibat tejangkit rabies. Informasi yang dihimpun, FH digigit sejak Februari 2024 lalu.

FH meninggal di kediamannya sekitar pukul 17:00 Wita, usai sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Marianum Halilulik.

Dengan demikian kasus yang meninggal akibat terjangkit rabies di Kabupaten Belu sudah tiga orang.

Menurut Kadis Kesehatan, drg. Maria Ansilla Eka Muty menjelaskan bahwa pasien tidak pernah melapor ke fasilitas kesehatan.

"Jadi tidak ada yang tau kalau yang bersangkutan digigit anjing. Padahal Vaksin tersedia di semua Puskesmas," ujar drg. Ansilla kepada Pos Kupang, Jumat 2 Agustus 2024 malam.

Ia juga menyampaikan, pihaknya melalui tim Surveilance dan tim Pokja Rabies sudah turun ke lokasi.

"Tadi Tim Surveilance dan tim Pokja Rabies sudah turun ke lokasi, saya masih menanti kronologis. Kalau memang ada korban gigitan lain, pasti akan kami tindaklanjuti dengan pemberian vaksinasi," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Belu agar segera melapor apabila ada tergigit oleh anjing.

"Kepada masyarakat, dimohon dengan sangat untuk segera melapor apabila ada tergigit oleh anjing," pungkasnya. (Cr23)





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama