797 Warga NTT ke Timor Leste, Siap Ikuti Misa Agung Paus Fransiskus di Dili

797 Warga NTT ke Timor Leste, Siap Ikuti Misa Agung Paus Fransiskus di Dili

Ilustrasi. Ratusan warga NTT berbondong-bondong ke Timor Leste ikut misa Paus. Foto: AFP/YASUYOSHI CHIBA




Suara Numbei News - Sebanyak 797 warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengunjungi Timor Leste hari ini, Senin (9/9).

Ratusan WNI itu melintas ke negara tersebut untuk mengikuti misa agung yang akan dipimpin Paus Fransiskus pada Selasa (10/9) di Dili.

Berdasarkan data yang masuk ke imigrasi Atambua, tercatat 596 orang dari Keuskupan Atambua dan 201 orang dari Keuskupan Agung Kupang akan berangkat ke Timor Leste secara bersamaan pada Senin. Dengan demikian, jika diakumulasikan jumlah jemaah mencapai 797 jiwa.

"Sudah tadi pagi [berangkat ke Timor Leste]," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua Indra Maulana Dimyati kepada CNNIndonesia.com, Senin.

Sebelum berangkat, mereka mengikuti upacara pelepasan yang juga dihadiri perwakilan Imigrasi Atambua.

Keuskupan di NTT itu memilih mengikuti misa di Timor Leste karena jarak yang lebih dekat dibanding ke Jakarta.

Paus sempat berada di Indonesia pada pekan lalu. Namun, dia hanya berkeliling di Jakarta.

Menurut penghitungan Google, jarak dari Ibu Kota NTT, Kupang ke Dili 407 km, sementara dari Kupang ke Jakarta tercatat 2.723 km.

Atambua wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Timor Leste juga lebih dekat ke Dili ketimbang ke Jakarta.

Paus akan berada di Timor Leste pada 9-11 September. Di sana, dia akan bertemu anak-anak disabilitas, uskup agung, hingga menghadiri misa kudus di Dili.

Sebelumnya, pemimpin umat Katolik itu sempat berada di Papua Nugini pada 6-9 September dan di Indonesia pada 3-6 September.

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama