E-Meterai CPNS 2024 Error, Beginilah Cara Mengatasinya

E-Meterai CPNS 2024 Error, Beginilah Cara Mengatasinya


Suara Numbei News - E-Materai menjadi salah satu syarat kelengkapan berkas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Namun sejak beberapa waktu yang lalu, banyak warganet yang mengeluh e-Materai yang mereka beli di Peruri error.

Pantauan CNBC Indonesia, Rabu (4/9/2024), warganet di media sosial X, mengeluhkan hal yang sama mulai gagal pembubuhan e-meterai, stok habis, hingga kuota e-meterai yang tidak bertambah meski sudah melakukan pembayaran.

"Peringatan Darurat. E-Materia tidak bisa lagi diakses seluruh Indonesia," ujar netizen sambil membagikan gambar error di website e-materai.

"Lihatah karna kebijakan kalian @BKNgoid @perusi_id berapa banyak orang yang mungkin bakal gagal administrasi karena e-materai bodoh ini. Ini juga bisa jadi lahan buat para calo nimbuhn e-materai. Soksokan wajib pakai e-materai tapi sistem belum siap. Niat mau rekrutmen apa jualan sih?," kata yang lain.

Instagram Peruri juga dibanjiri komentar netizen yang teriak soal e-Materai yang error saat diakses.

Melalui akun Instagramnya @peruri.digital, Peruri sebagi penyedia e-meterai resmi menyampaikan, link pembelian e-meterai eror disebabkan karena tingginya traffic website.

"Kami mohon maaf atas kendala yang Anda alami. Saat ini, website kami sedang mengalami peningkatan traffic sehingga kami menerapkan sistem antrian agar tetap menjaga performa layanan dan dapat melayani seluruh user," kata Peruri dalam unggahan Story di Instagram.

"Kami akan menginformasikan lebih lanjut apabila traffic sudah berjalan normal," imbuh mereka.

Lantas, bagaimana jika e-meterai terus eror?

Saat ini Peruri memastikan, kuota e-meterai tidak akan hilang saat pendaftar mengalami kendala gagal pembubuhan e-meterai atau kuota tidak bertambah pada saat pembelian.

Berikut cara mengatasi e-meterai eror baik berupa kendala pembubuhan gagal atau kuota berkurang dilansir dari akun Instagram Peruri @peruri.digital:

-         Logout akun dari portal e-meterai, lalu login kembali

-         Cek dokumen yang gagal dibubuhkan melalui riwayat pembubuhan

-         Jika status pembubuhan berhasil meterai berhasil dibubuhkan. Namun jika status "refund" maka bisa segera dilaporkan

-         Untuk pelaporan, lakukan tangkapan layar pada riwayat pembubuhan dan bukti transaksi

-         Hubungi nomor WhatsApp atau e-mail Service Center yang tertera pada portal e-meterai.co.id

-         Customer service akan mengarahakn untuk menisi data yang dibutuhkan untuk refung atau pengembalian kuota

-         Setelah mengisi data diri, customer service akan membuatkan tiket pelaporan yang akan diteruskan ke tim terkait

-         Setelah diinfokan kembali kuota e-meteri, Anda bisa melakukan pengecekan di platform dengan login ke akun e-Meterai terlabih dahulu.



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama