Pantauan CNBC
Indonesia, Rabu (4/9/2024), warganet di media sosial X, mengeluhkan hal yang
sama mulai gagal pembubuhan e-meterai, stok habis, hingga kuota e-meterai yang
tidak bertambah meski sudah melakukan pembayaran.
"Peringatan
Darurat. E-Materia tidak bisa lagi diakses seluruh Indonesia," ujar
netizen sambil membagikan gambar error di website e-materai.
"Lihatah karna
kebijakan kalian @BKNgoid @perusi_id berapa banyak orang yang mungkin bakal
gagal administrasi karena e-materai bodoh ini. Ini juga bisa jadi lahan buat
para calo nimbuhn e-materai. Soksokan wajib pakai e-materai tapi sistem belum
siap. Niat mau rekrutmen apa jualan sih?," kata yang lain.
Instagram Peruri juga
dibanjiri komentar netizen yang teriak soal e-Materai yang error saat diakses.
Melalui akun
Instagramnya @peruri.digital, Peruri sebagi penyedia e-meterai resmi
menyampaikan, link pembelian e-meterai eror disebabkan karena tingginya traffic
website.
"Kami mohon maaf
atas kendala yang Anda alami. Saat ini, website kami sedang mengalami
peningkatan traffic sehingga kami menerapkan sistem antrian agar tetap menjaga
performa layanan dan dapat melayani seluruh user," kata Peruri dalam
unggahan Story di Instagram.
"Kami akan
menginformasikan lebih lanjut apabila traffic sudah berjalan normal,"
imbuh mereka.
Lantas, bagaimana jika
e-meterai terus eror?
Saat ini Peruri
memastikan, kuota e-meterai tidak akan hilang saat pendaftar mengalami kendala
gagal pembubuhan e-meterai atau kuota tidak bertambah pada saat pembelian.
Berikut cara mengatasi
e-meterai eror baik berupa kendala pembubuhan gagal atau kuota berkurang
dilansir dari akun Instagram Peruri @peruri.digital:
-
Logout akun dari
portal e-meterai, lalu login kembali
-
Cek dokumen yang
gagal dibubuhkan melalui riwayat pembubuhan
-
Jika status
pembubuhan berhasil meterai berhasil dibubuhkan. Namun jika status
"refund" maka bisa segera dilaporkan
-
Untuk pelaporan,
lakukan tangkapan layar pada riwayat pembubuhan dan bukti transaksi
-
Hubungi nomor
WhatsApp atau e-mail Service Center yang tertera pada portal e-meterai.co.id
-
Customer service
akan mengarahakn untuk menisi data yang dibutuhkan untuk refung atau
pengembalian kuota
-
Setelah mengisi
data diri, customer service akan membuatkan tiket pelaporan yang akan
diteruskan ke tim terkait
- Setelah diinfokan kembali kuota e-meteri, Anda bisa melakukan pengecekan di platform dengan login ke akun e-Meterai terlabih dahulu.