Pertemuan Bersama Bawaslu Malaka, Nonato Sarmento : Pentingnya Konsolidasi dan Penguatan Kapasitas Internal

Pertemuan Bersama Bawaslu Malaka, Nonato Sarmento : Pentingnya Konsolidasi dan Penguatan Kapasitas Internal

etua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nonato Da Purificacao Sarmento, mengadakan pertemuan penting dengan Bawaslu Malaka pada pukul 10.00 WITA hari ini, Senin (09/9/2024)


Suara Numbei News - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nonato Da Purificacao Sarmento, mengadakan pertemuan penting dengan Bawaslu Malaka pada pukul 10.00 WITA hari ini, Senin (09/9/2024). Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas internal dalam menghadapi tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2024 yang akan dilaksanakan di Malaka.

Nonato menekankan perlunya internalisasi dan konsultasi yang mendalam terkait produk Bawaslu serta tantangan dalam pengawasan pemilihan. "Rajin-rajinlah berinternalisasi dan berkonsultasi terhadap produk-produk Bawaslu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pengawasan," ujar Nonato. Ia juga menegaskan perlunya piket harian dari pukul 17.00 hingga 23.00 WITA, termasuk pada hari Sabtu selama tahapan pilkada berlangsung. "Harus ada satu orang dari divisi SDM dan satu orang dari divisi penanganan pelanggaran, agar setiap laporan atau kunjungan dapat dilayani dengan baik," tambahnya.

Dalam pembahasan mengenai daftar pemilih, Nonato menyoroti perlunya koordinasi erat antara Bawaslu dan KPU untuk menyelesaikan berbagai masalah. "Kerawanan pemilu di NTT sangat tinggi, sehingga diperlukan kerja ekstra dalam koordinasi. Jika ada masalah yang bisa diselesaikan dengan koordinasi, harap segera ditangani baik di tingkat adhoc maupun kabupaten," jelasnya.

Terkait dengan daftar pemilih, Nonato menjelaskan adanya kesulitan dalam sinkronisasi data. "Sekitar 80% dari data belum bisa disinkronisasi secara lengkap karena masalah NIK. Staf Bawaslu Malaka, Ibnu, telah melakukan sinkronisasi dan membagikannya kepada jajaran adhoc untuk pengawasan lebih lanjut," ungkapnya.

Nonato juga menegaskan pentingnya berita kehumasan yang sesuai dengan prinsip 5W1H. "Teman-teman di kehumasan harus memastikan berita yang keluar akurat, aktual, dan tidak basi. Konsultasikan berita dengan ketua dan anggota agar dapat dikonsumsi publik dengan baik," ujarnya.

Rapat pleno mingguan juga menjadi topik penting dalam pertemuan ini. Nonato menjelaskan perlunya rapat pleno yang mencakup pembahasan rencana program dan evaluasi kegiatan, termasuk perjalanan dinas ke kecamatan dan konsultasi ke provinsi. "Pastikan ada pleno untuk rencana dan evaluasi kegiatan setiap minggunya. Jika ada penanganan pelanggaran atau undangan dari provinsi, pastikan penanganannya sesuai," tambah Nonato.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada Aprianus Putra Niron yang baru dilantik sebagai anggota Bawaslu kabupaten Malaka Koordinator Divisi P3S,  Ia juga menyebutkan bahwa Bawaslu Malaka kini lengkap setelah satu tahun dengan James Welem Ratu sebagai anggota Bawaslu Provinsi NTT yang mengambil alih sebagai ex officio. "Selamat bergabung, jangan ragu untuk bertanya. Teman-teman di Divisi P3S harus mendampingi beliau dengan berbagi pengetahuan," ujarnya.

Terkait data pemilih, Nonato menginstruksikan agar DPS yang bermasalah segera diverifikasi. "Jika belum ditemukan solusinya, segera buat surat imbauan. Jika ditemukan masalah, segera keluarkan saran perbaikan (sarper)," tegasnya.

Di akhir pertemuan, Nonato mengingatkan agar semua anggota menjaga kesehatan selama tahapan pemilihan serentak 2024, terutama selama tahapan kampanye. Kegiatan penguatan ini dilakukaan bersamaan dengan monitoring pengawasan pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Malaka.

Setelah pertemuan, Nonato dan tim mengunjungi kantor Panwascam Kobalima, bertemu dengan Ketua Panwascam Frederico D.M. Da Costa dan anggota Johanes Tahu. Nonato mengapresiasi kerja keras tim Panwascam Kobalima dan menekankan pentingnya kreativitas dalam sosialisasi tahapan serta larangan pemilihan kepada masyarakat di pasar tradisional dan tempat tempat lainnya. "Terkait netralitas asn harus ada sosialisasi, kesempatannya pada apel kesadaran setiap tanggal 17 di kantor kecamatan yang dihadiri ASN, Kepala Desa dan perangkat desa, serta buat surat himbauan," tambah Nonato.

Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengawasan pemilu dan memastikan setiap tahapan berjalan dengan lancar.

 


 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama