Kisah Kehidupan: Arjan Dodaj, Dari Seorang Migran Muda, Dididik Sebagai Atheis, Akhirnya Menjadi Uskup Di Albania

Kisah Kehidupan: Arjan Dodaj, Dari Seorang Migran Muda, Dididik Sebagai Atheis, Akhirnya Menjadi Uskup Di Albania

Dia tiba di Italia dengan kapal pada tahun 1993, menjadi tukang las, menemukan keyakinan bahwa neneknya telah menularkan kepadanya dengan menyanyi, dan menjadi seorang imam. Tiga tahun lalu, dia kembali ke Albania. Paus telah menunjuknya sebagai uskup auksilier Tiranë.

Oleh Andrea Tornielli

 


Aku masih bisa mendeteksi suaranya, di telepon dari Tiranë, kejutan dari apa yang baru saja terjadi padanya. Tidak lama sejak dia menerima pengumuman tentang janji yang dia terima. Ceritanya adalah salah satu dari banyak kisah kecil, tetapi luar biasa, kehidupan sehari-harinya dengan Gereja terjalin.

Arjan Dodaj, 43 tahun, lahir di Laç-Kurbin di pantai Albania. Dia tiba di Italia sebagai migran setelah menyeberangi Laut Adriatik di atas kapal. Pada usia 16 tahun, ia meninggalkan negaranya pada malam yang panas dan berbintang pada bulan September 1993, mencari masa depan dan cara untuk membantu keluarga miskinnya. Dia akan bekerja lebih dari sepuluh jam sehari sebagai tukang las dan tukang kebun. Akhirnya, dia menemukan sebuah komunitas yang membuatnya merasa di rumah. Di sana, ia menemukan iman Kristen, yang sudah ada jejak dalam DNA-nya berkat lagu-lagu yang dinyanyikan neneknya. Paus St Yohanes Paulus II menahbiskannya sepuluh tahun kemudian sebagai anggota Persaudaraan Imamat Anak-anak Salib, Komunitas Rumah Maria, yang berbasis di Roma. Pada 2017, ia kembali ke negaranya sebagai pastor Fidei Donum. Tanggal 9 April yang lalu, Paus Fransiskus mengangkatnya menjadi uskup auksilier dari Keuskupan Agung Tiranë-Durrës.

 

Masa Kecil

Arjan lahir dan dibesarkan dalam keluarga Albania yang komunis. Pendidikannya ateistik. “Saya lahir dalam konteks di mana saya berada (di negara komunias-red), sayangnya, setiap tanda yang mengingatkan saya pada iman dilarang. Pada tahun-tahun pertama kehidupan saya, saya tidak pernah mendengar keberadaan Tuhan. Sayangnya, orang tua saya mengalami, dengan cara yang mengerikan, efek dari komunisme. Tetapi kakek nenek saya berdoa kepada Tuhan “.

Nenek ibu Arjan-lah yang menanamkan dalam dirinya kata-kata iman pertama. “Pertemuan pertamaku dengan hal-hal tentang Tuhan adalah seperti menahan diri di dalam kepalaku, di dalam jiwaku. Meskipun ada ancaman, nenekku benar-benar bebas dalam menjalani kehidupan doa. Pada zaman mereka, tanpa tahu bagaimana menulis, mereka belajar doa dengan bernyanyi. Maka, dengan belajar doa yang berirama, mereka tahu doktrin. Hanya ketika saya tiba di Italia saya menemukan banyak hal, tentang sakramen misalnya, dia telah memberi tahu saya tentang mereka sambil bernyanyi di rumah, saat bekerja, saat membersihkan. Dia bernyanyi. Begitulah cara saya belajar juga. Saya belajar bagian kedua dari Salam Maria. Dia selalu membuat saya mengatakan bagian kedua. Begitulah cara Tuhan bekerja dengan saya. ”

 

Migran

“Saya tiba di Italia tepat setelah jatuhnya Komunisme”, kata Uskup yang baru terpilih. “Pada saat itu tidak mungkin mendapatkan visa reguler. Satu-satunya jalan adalah dengan perahu motor. Sayangnya, ada beberapa kapal yang tersisa, yang, sayangnya, tidak tiba “.

Tak lama setelah jatuhnya komunisme, Arjan berusaha meninggalkan negara itu. “Seperti banyak anak laki-laki lain, saya telah melakukan banyak upaya. Salah satu pertama kali, kapal itu rusak …. Hari ini, saya berterima kasih kepada Tuhan bahwa itu tidak pergi, karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kami – kami semua dihancurkan bersama, berkerumun bersama.Petualangan yang tak terlukiskan, eksodus yang nyata.Kemudian dalam upaya berikut, saya bisa naik salah satu perahu yang tersisa dari pantai kota saya, dari laguna yang sangat indah ini, di mana saya memiliki pergi berkali-kali sebagai seorang anak. Kami meninggalkan malam 15 September 1993. Alhamdulillah, laut sangat tenang. Tuhan melindungi kami. Saya ingat betul bahwa pada saat itu, seluruh keberadaan saya yang bermigrasi. , seolah-olah, meninggalkan pantai itu, dengan langit malam yang penuh bintang. Aku merasakan air mata di dalam ikatan itu, dengan hidupku, dengan keluargaku “.

Merefleksikan pengalaman itu, Uskup Auksilier Auxiliary yang baru ditunjukan: “Hari ini, banyak orang terlihat tiba di atas kapal. Saya pikir seseorang harus memikirkan air mata mereka, pengorbanan mereka, perubahan yang sangat menyakitkan yang mereka jalani. Mereka tidak akan datang jika hidup mereka tidak menyakitkan “.

Beberapa teman Arjan telah beremigrasi ke Italia tak lama sebelum dia. Berkat mereka, Arjan menemukan perlindungan di Dronero, di provinsi Cuneo Italia utara, dekat Turin. Di sana ia menjadi murid tukang las. “Kami biasa mengelas rangka sepeda. Lalu saya juga melakukan banyak pekerjaan lain, dalam konstruksi dan berkebun. Dengan cara ini, saya dapat membantu menghidupi keluarga saya karena kami benar-benar sangat miskin”. Teman-teman lain mengundangnya ke pertemuan di paroki. “Saya banyak bekerja, kadang-kadang bahkan lebih dari sepuluh jam sehari. Jadi, pada malam hari saya tiba di rumah dengan lelah. Saya tidak punya banyak teman. Mereka memberi tahu saya bahwa ada sekelompok anak muda yang baik di paroki, dipimpin oleh Pastor Massimo, yang adalah anggota Komunitas Rumah Maria. Saya memiliki waktu yang sangat menyenangkan! Saya menemukan dukungan yang saya butuhkan dalam fase yang sangat sulit di masa muda saya “.

 

Orang Percaya Dan Pastor

Arjan dibaptis pada tahun 1997. Kemudian, ia meminta agar diterima di Persaudaraan Imamat Anak-Anak Salib, Komunitas Rumah Maria, di Roma. Di sana, ia belajar untuk menjadi seorang imam. Keputusan ini sulit diterima orang tuanya. Sepuluh tahun setelah ia mendarat di Italia, Paus Yohanes Paulus II yang meletakkan tangannya di atas kepalanya di Basilika Santo Petrus.

“Pada tahun 1993, tahun saya tiba di Italia, St. Yohanes Paulus II mengunjungi Albania. Negara itu baru saja keluar dari kediktatoran. Tampaknya seperti parit terbuka. Ada banyak kesengsaraan dan kemiskinan, tetapi pada saat yang sama haus akan hal-hal baru. Saya juga, seperti banyak anak-anak dan banyak orang lainnya, ingat semua orang yang menemani mobil Paus di sepanjang jalan dari Tiranë ke Shkodër. Dia selalu menemani saya, dan begitu pula Bunda Teresa kita yang kudus. kami meninggalkan kediktatoran, dia mencurahkan pada kami balsam kelembutan, cinta, kebaikan, harapan yang dia tahu bagaimana memberi kepada begitu banyak orang miskin di berbagai belahan dunia “.

Pastor Dodaj bekerja di berbagai paroki dan menjadi imam Komunitas Albania di Roma. Pada 2017, Uskup Agung Tiranë, George Anthony Frendo, meminta Pastor Arjan untuk melayani di keuskupan agung. Baik pemimpin Komunitas Rumah Maria, Pastor Giacomo Martinelli, dan Kardinal Vikaris Roma, Angelo De Donatis, setuju. Imam itu kembali ke negaranya sebagai seorang imam Fidei Donum, yaitu, sebagai seorang imam yang sementara waktu melayani di keuskupan selain di mana ia secara resmi diinkubasi.

 

Uskup



Tentang pengangkatannya sebagai uskup auksilier, Pastor Dodaj berkata, “Jujur, saya tidak pernah, pernah memikirkannya atau menginginkan hal semacam itu. Saya sangat senang hidup dalam konteks paroki, konteks keluarga sehari-hari yang selalu saya jalani, bersama keluarga saya. komunitas, dengan umat paroki dengan orang-orang yang dipercayakan kepada kami. Sekarang saya telah menerima panggilan lebih lanjut ini, pengangkatan Bapa Suci Paus Fransiskus ini. Saya telah menyambutnya dengan percaya kepada Tuhan, Bunda Maria, dan dengan kepatuhan kepada Gereja ” .

 

Albania adalah negara Eropa pertama yang dikunjungi oleh Paus Fransiskus. Itu selalu menjadi simbol koeksistensi yang sukses di antara orang-orang yang menganut agama yang berbeda. Orang-orang Kristen dari berbagai denominasi  dan penganut Muslim juga bersukacita dengan pilihan Paus. Pastor Dodaj mengklarifikasi jenis “koeksistensi” yang dinikmati negaranya: “Itu bukan toleransi agama. Sangat penting untuk mengubah kata-kata dan memahami bahwa bagi kita itu harmoni, keakraban, semangat kolaborasi yang besar dan dukungan timbal balik”.( vaticannews.va/terj. Daniel Boli Kotan)

Sumber: https://www.vaticannews.va/en/church/news/2020-04/pope-bishop-appointment-dodaj-albania-tirane.html

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama