Inspiratif! Kisah Pertobatan Pastor Donald Calloway, MIC

Inspiratif! Kisah Pertobatan Pastor Donald Calloway, MIC



Dia adalah seorang Katolik convert, anggota Kongregasi Marian Fathers of the Immaculate Conception. Sebelum pertobatannya menjadi Katolik, ia putus sekolah menengah dan telah diusir dari negara asing, dilembagakan dua kali, dan dijebloskan ke penjara beberapa kali.

Setelah pertobatan radikalnya, ia memperoleh gelar B.A. dari Universitas Fransiskan Steubenville, M.Div. dan S.T.B. gelar dari Dominika House of Studies di Washington, DC, dan S.T.L. dalam Mariologi dari Institut Penelitian Marian Internasional di Dayton, Ohio. Dia adalah pemenang penghargaan Emmy dan penulis 14 buku, termasuk buku terlaris "No Turning Back: A Witness to Mercy," "Under the Mantle: Marian Thoughts from a 21st Century Priest," "Champions of the Rosary: The History and Heroes of a Spiritual Weapon" and "Consecration to St. Joseph: The Wonders of Our Spiritual Father." Fr. Calloway saat ini menjabat sebagai Vicar Provincial dan Vocation Director dari Marian Fathers. Dia tinggal di Steubenville, Ohio.

KISAH PERTOBATANNYA

Oleh : Sarah Chichester



Saat saya membaca Buku Fr. Donald, No Turning Back: A Witness to Mercy, Aku terus bertanya-tanya tentang ibunya. Donald Calloway remaja adalah seorang pelarian yang menantang yang menyalahgunakan narkoba, bebas memilih, dipenjara, diusir dari negara asing. ... Dengan kata lain, dia berantakan. Selama tahun-tahun yang menyakitkan itu, bagaimana ibunya mengatasinya? Berapa lama lagi dia akan terus membawanya kembali?

Baru-baru ini, Fr. Donald berbagi dengan saya bahwa di tahun-tahun yang penuh gejolak itu ketika ibunya mendapat kekuatan dari iman Katoliknya yang baru, dia malah menjadi lebih buruk. Dia menulis tentang ini dalam bukunya:

Selama fase dalam kelompok Deadheads saya, saya sering menemukan diri saya dalam posisi yang tidak menguntungkan karena tidak punya uang dan tidak ada tempat tinggal. Kadang-kadang tidak ada orang yang bisa saya "gunakan" untuk makanan dan tempat tinggal. Dalam situasi itu, saya tidak punya pilihan selain pulang ke rumah, supaya saya punya sesuatu untuk dimakan dan tempat untuk tidur. Entah bagaimana, orang tua saya selalu menemukan dalam diri mereka untuk menerima saya kembali, meskipun mereka biasanya marah dengan saya karena melarikan diri, dan memang demikian. Tapi aku tidak pernah tahan lama berada di rumah. Begitu saya menyiapkan tempat baru untuk menginap atau teman untuk mengobrol, saya akan kembali ke jalan.



Dalam salah satu kunjungan singkat di rumah itulah ibu saya mendekati saya dan berkata, "Donnie, mengapa kamu tidak pergi ke gereja bersama kami?" Aku hanya menatapnya dengan tatapan kosongku yang biasa dan menjawab, "Apakah kamu gila? Apakah kamu benar-benar kehilangan akal sehat? Aku, pergi ke gereja? Tidak mungkin. Gereja adalah untuk yang lemah. Ini untuk pecundang yang mencari beberapa kesalahan. berharap ketika tidak ada. Gereja adalah lelucon dan kebohongan. Aku tidak percaya kamu dan Ayah telah ditipu untuk mempercayai omong kosong ini."

Sebenarnya, saya tidak tertarik pada agama yang terorganisir. The Grateful Dead adalah agama saya. Deadheads adalah keluarga saya, dan Jerry Garcia adalah pemimpin saya. Aku tidak membutuhkan apa-apa lagi.



Sampai hari ini, saya kagum dan heran bahwa meskipun saya untuk semua tujuan praktis meninggalkan orang tua saya dan tidak akan tinggal di rumah kecuali saya benar-benar harus, ibu dan ayah saya tidak berhenti menafkahi saya.

Tak terhitung banyaknya orang yang telah membaca bukunya tergerak oleh Fr. Orang tua Donald dan pengampunan terus-menerus yang mereka berikan kepada putra mereka. Bahkan ketika dia jelas-jelas hanya menggunakan mereka untuk tempat tinggal dan makanan, mereka tidak pernah kehilangan harapan bahwa suatu hari nanti, "suatu hari nanti" yang tampaknya selalu jauh dan ilusif itu, Fr. Don akan berubah.



Harapan mereka bukanlah harapan kosong; itu adalah harapan yang didasarkan pada belas kasihan Tuhan, dan dalam syafaat Bunda Terberkati dan orang-orang kudus; itu adalah harapan yang didasarkan pada kebenaran kemahakuasaan Allah, dalam kuasa-Nya untuk menyembuhkan hati yang terluka dan membawa pecandu narkoba/hippie/pemalas ke diri-Nya (dan akhirnya ke imamat yang ditetapkan secara ilahi).

Harapan mereka juga merupakan harapan yang dicobai melalui penderitaan.

Ketika keluarga mereka pindah ke Norfolk, Va., posisi Mr. Calloway di Angkatan Laut memanggilnya ke laut selama berbulan-bulan, meninggalkan Ibu Donald di rumah bersama putra-putranya — Donald dan adiknya Matthew. Mrs Calloway terus-menerus berpaling kepada Tuhan dan Bunda Maria untuk bantuan dalam menghadapi pencobaannya.

"Saya seperti banyak ibu lainnya," katanya dalam sebuah wawancara baru-baru ini. "Saya ingat sangat merindukan suami saya dan menangis sampai tertidur, selalu meminta Yesus, Bunda Maria yang Terberkati, dan St. Joseph untuk menjaga anak-anak saya dan keluarga kami aman dan di bawah bimbingan dan perlindungan penuh kasih mereka setiap malam sebelum saya memejamkan mata, sebuah kebiasaan yang saya lanjutkan hingga hari ini."



Namun, dia dengan cepat menambahkan bahwa keluarganya bertahan bersama : "keluarga ketika berbicara tentang belas kasihan Tuhan dan syafaat Bunda Maria. Kami bertahan di sana, bertahan bersama, banyak berdoa, mengamalkan iman kami, dan percaya."

Kepercayaan mereka tidak sia-sia. Suatu malam di bulan Maret 1992, Donald dipukul dengan apa yang disebutnya "Divine 2x4". langkah yang tidak seperti biasanya, dia menolak ajakan teman-temannya untuk pergi berpesta, memutuskan untuk tinggal di kamarnya. Tapi setelah beberapa saat keheningan mendorongnya untuk mencari gangguan. Dia meneliti rak buku lorong, di mana dia mengambil sebuah buku yang mengubah hidupnya: he Queen of Peace Visits Medjugorie.

Dia mulai membaliknya di balik pintu kamar tidurnya yang terkunci (itu adalah buku tentang agama, Lagipula). Itu penuh dengan kata-kata yang terdengar asing seperti "Ekaristi," "Perawan Maria yang Terberkati," "Rosario," dan "skapulir." Sesuatu tentang "Perawan Terberkati" ini membuatnya tertarik, begitu pula pesannya bahwa dia diutus oleh Allah sebagai ibu bagi semua orang, terutama bagi para pendosa.

Dia juga menemukan kartu di buku yang berbunyi, "Kamu tidak harus berubah untuk mencintaiku; mencintaiku akan mengubahmu." Dan itu terjadi. Dia jatuh cinta pada ibu surgawi yang memikatnya dengan cinta dan kelembutannya.

Dia menulis:

Saat saya membaca, saya tahu saya harus menyerahkan diri saya pada hal yang disebut Maria “gereja". Dia sepertinya selalu memimpin atau menunjuk ke arah itu. Saya selalu membayangkan gereja sebagai sesuatu yang menindas, sesuatu yang mendominasi hidup Anda dan menyedot semua kesenangan dari hidup. Saya percaya itu adalah peran Gereja, jadi tentu saja saya membenci gereja, sama seperti saya membenci Yesus. Tetapi jika saya akan menyerah kepada Maria, saya harus mempercayainya dan menyerahkan diri saya kepada Yesus dan Gereja. Dan meskipun saya tidak mengucapkannya atau berbicara secara internal, entah bagaimana saya tahu saya harus menyerah kepada Perawan Maria yang Terberkati ini. Dia akan membantu saya untuk memahami Yesus yang sebenarnya, Yesus yang tidak pernah saya kenal.

Pagi-pagi sekali, ketika saya menutup buku, saya berkata, "Pesan dalam buku ini mengubah hidup. Saya belum pernah mendengar sesuatu yang begitu menakjubkan dan meyakinkan dan sangat dibutuhkan dalam hidup saya." Orang mungkin mengatakan bahwa ini adalah doa pertama saya. Siapapun Perawan Maria ini, saya percaya apa yang dia katakan - bahwa dia adalah ibu saya dan datang dari surga untuk saya.

Saat itu sekitar jam 5:30 pagi ketika saya akhirnya menutup buku The Queen of Peace Visits Medjugorje. Mengetahui bahwa ibu saya akan segera turun untuk minum kopi paginya, saya membuat keputusan untuk tetap terjaga sampai saya dapat berbicara dengannya. Bukannya ada kesempatan aku bisa tidur. Pikiran saya berpacu dengan semua yang telah saya baca dan rasakan. Ketika saya mendengarnya gemerisik di lantai atas, saya pergi ke bagian bawah tangga untuk menemuinya.

Begitu dia menuruni tangga, saya berkata, "Bu, saya harus bicara dengan seorang ...." Suaraku melemah. Saya tidak bisa mengatakannya. Aku seperti kebanggaan yang menjelma. Saya benar-benar tidak bisa membuat diri saya mengucapkan kata-kata itu. Sekali lagi, saya berkata, "Bu, saya harus berbicara dengan Kat ...." Aku hanya tidak bisa mengatakannya. Saya tidak bisa mengeluarkan kata-kata. Itu seperti penghinaan tertinggi, tanda kebutuhan, dan agama pada saat itu.

Ibuku menatapku dengan heran dan berkata, "Donnie, apa yang ingin kamu katakan padaku?"

Akhirnya, saya berseru, "Begini, Bu, saya harus berbicara dengan seorang imam Katolik , oke?" Saya ingat merasa sangat terhina. Aku tidak percaya aku baru saja mengucapkan kata-kata itu. Dalam pikiran saya, saya mulai menyusut. Tiba-tiba saya merasa sangat kecil.

Tanggapan ibuku? "Yang benar," katanya, saat dia melewatiku dalam perjalanan ke dapur. Tuhan memberkatinya. Dia mungkin mengira aku mencoba memanipulasinya. Itu tentu saja merupakan tanggapan yang masuk akal, mengingat sejarah panjang kebohongan dan penipuan saya.

Tapi kali ini aku serius. Saya berkata, "Tidak, Bu. Ibu tidak mengerti. Saya membaca buku tadi malam. Buku itu membuat saya tersandung!"

"Buku yang mana?" katanya, mengangkat alis ke arahku.

Saya segera mengambil The Queen of Peace Visits Medjugorje dari kamar saya dan bertanya langsung padanya: "Siapakah Perawan Maria yang Terberkati ini? Tentang apa ini?"

Saat itu, rahang ibuku menganga. Dia tidak mengatakan sepatah kata pun. Dia berlari ke telepon di ruang tamu dan mulai menelepon. Saya mendengar potongan percakapan antara dia dan seorang imam, yang tampaknya telah dia bangunkan.

Dia berkata, "Ya, Bapa ... . Saya tahu ... . Saya minta maaf. Saya tidak bermaksud membangunkan Anda. Tetapi Anda harus berbicara dengan putra saya. Bisakah saya membawa putra saya dalam setengah jam? Dia pasti mendapat perlawanan karena dia terus memohon, “Bapa, kamu tidak mengenal anakku. Anda tidak tahu anak saya . Kamu harus segera berbicara dengannya."

Tetapi imam tidak memahami urgensi situasi — perlunya pertemuan pada pukul 6:30 pagi, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dalam benaknya, apa yang begitu penting sehingga tidak bisa menunggu beberapa jam? Tidak mau menyerah begitu saja, ibu saya menghubungi imam kedua tetapi mendapat tanggapan yang sama. "Bisakah kita menunda rapat sampai pukul 08:30 atau 9:00?" Dia bertanya.

Saat dia menelepon imam ketiga, saya menyela dan berkata, "Bu, bukankah ada salah satunya ...." Suaraku melemah seperti sebelumnya. Aku bahkan tidak tahu harus menyebutnya apa. Kami tinggal di Pangkalan Udara Angkatan Laut Norfolk, dan saya tidak tahu apakah tempat yang saya pikirkan disebut gereja atau kapel. Saya berkata, "Bukankah ada salah satu dari benda- benda itu di dalam gerbang utama?"

Memahami apa yang saya maksud, dia menatap mata saya dan berkata, "Ya, Donnie. Lari!"

Ketidakpercayaan? Terkejut? Kejutan? Apa yang terlintas di benak Mrs Calloway saat itu?

"Ketika Pastor Donald mengumumkan dia ingin berbicara dengan seorang imam, saya terguncang pada awalnya," Mrs Calloway mengakui. "Tapi tidak terlalu terkejut. Saya tidak pernah menyerah harapan dan iman kepada Tuhan kita. Saya telah mencintai kedua anak saya lebih dari hidup itu sendiri sejak saya diberkati untuk memiliki anak. Jadi bagi saya, seolah-olah saya terlindung oleh rahmat dan kasih karunia dalam menjalankan iman saya setiap hari, mengetahui dalam hati saya bahwa kami semua, sebagai sebuah keluarga, akan baik-baik saja."

Dan memang, Perjalanan Fr.Donald, meskipun tidak bebas dari kesulitan atau persilangan, terletak pada kedamaian yang hanya dapat diberikan oleh Tuhan dalam belas kasihan-Nya. Pastor Donald bertahan melalui periode persiapan sebelum dia bisa bergabung dengan Gereja Katolik, diikuti dengan penegasan untuk bergabung dengan ordo religius, diterima di Kongregasi Marian Fathers of the Immaculate Conception, dan tahun-tahun pembinaan dan pendidikan sebelum ditahbiskan menjadi imam di 2003 di National Shrine of The Divine Mercy, di Stockbridge, Mass.

"Jalan [untuk Pater Donald] telah panjang, dengan banyak belokan yang berkelok-kelok. Tetapi dari kegelapan selalu ada terang Tuhan yang mengulurkan lengan tangan-Nya," kata Mrs. Calloway. "Kita harus selalu berharap pada janji-janji Kristus dan belas kasihan-Nya yang tak terduga. Terpujilah Tuhan selamanya!"

Jadi ini adalah suara hati keibuan. Itu menangisi anak-anaknya ketika mereka tersesat dan memecahkan kebingungan dan penolakan mereka, tetapi bagaimana itu bersukacita ketika mereka menemukan Jalan yang benar dan menyerahkan semua yang harus mereka ikuti. Dan bagaimana hati ibu ini bernyanyi memuji Tuhan Yang Maha Penyayang atas semua yang telah Dia lakukan untuk putranya, sang imam.

*𝕿𝖊𝖗𝖕𝖚𝖏𝖎𝖑𝖆𝖍 𝕶𝖗𝖎𝖘𝖙𝖚𝖘, 𝕸𝖆𝖗𝖎𝖆 𝖉𝖆𝖓 𝕾𝖆𝖓𝖙𝖔 𝖄𝖔𝖘𝖊𝖋*

ѕυмвer:

-мarιan,a-мoтнerѕ-ғaιтн-a-ѕonѕ-converѕιon

-pιlgrιмageѕ, ғrcalloway

 



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama