Makna Paradoks Socrates: Yang Saya Tahu Adalah Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-Apa (Dunia Filsafat Jalan Setapak)

Makna Paradoks Socrates: Yang Saya Tahu Adalah Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-Apa (Dunia Filsafat Jalan Setapak)



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Sebagian orang berpikir bahwa mereka tahu segalanya. Namun, bahkan Socrates, salah satu filsuf terbesar dalam sejarah, meragukan kemahatahuannya. Kalimat terkenal yang pernah diucapkannya adalah “yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa”.

Tentu saja ungkapan ini tidak akan menyesatkan siapapun karena semua orang tahu bahwa Socrates adalah seorang bijak. Lebih tepatnya, dia seorang filsuf. Dia yang mencintai kebijaksanaan”.

Apa yang dimaksud Socrates dengan mengatakan, “yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa”? Dan mengapa ungkapan ini begitu penting? Pada artikel ini, kita akan melihat kehidupan dan pekerjaan Socrates dan mengeksplorasi apa yang menjadikannya salah satu pemikir terpenting sepanjang masa.

Siapakah Socrates, Penulis “Yang Saya Tahu Adalah Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-Apa”

Socrates adalah adalah salah satu filsuf terbesar zaman klasik. Murid-muridnya adalah Plato, Alcibiades, Xenophon, dan Euclid. Ajaran Socrates menandai tahap baru dalam perkembangan filsafat klasik, yang mengalihkan fokusnya dari alam dan dunia ke manusia dan nilai-nilai spiritual.

Filsuf itu nantinya akan menjalankan peran publiknya dengan semangat tetapi tanpa fanatisme. Dia kemudian membayar kepercayaan, kejujuran, dan ketabahannya dengan nyawanya.

Pemikir dan filsuf besar Socrates lahir pada 470-469 SM di Athena, Yunani. Ia berasal dari keluarga pengrajin, dengan ayahnya seorang pematung dan ibunya bekerja sebagai bidan. Socrates memiliki kakak laki-laki yang mewarisi sebagian besar kekayaan orang tua mereka.

Socrates hidup sebagai orang miskin. Namun, ketika dia pergi berperang di Sparta sebagai prajurit bersenjata lengkap yang mengenakan seragam mahal, dia menunjukkan bahwa ayahnya adalah seorang warga negara yang kaya. Socrates menunjukkan keberanian di medan perang tiga kali, terutama ketika dia menyelamatkan komandannya Alcibiades dari kematian.

Socrates belajar dengan Damon dan Conon, Zeno, Anaxagoras, dan Archelaus di masa mudanya. Mereka belajar dari pemikir hebat lainnya pada masa itu. Dia tidak meninggalkan catatan tertulis tentang kebijaksanaan atau filsafatnya. Apa yang kita ketahui tentangnya hari ini hanya berasal dari memoar para siswa, orang sezaman, dan pengikut seperti Plato dan Aristoteles.



Ajaran dan Pandangan Filsafat Socrates

Socrates tidak pernah menuliskan pemikirannya, karena dia percaya bahwa kata-kata kehilangan maknanya dan membunuh ingatan ketika ditulis. Dia lebih suka mencari kebenaran melalui dialog.

Filsafat Socrates didasarkan pada konsep etika, kebaikan, dan kebajikan. Menurut Socrates, pengetahuan, keberanian, dan kejujuran terkait dengan konsep-konsep ini.

Yang terpenting, Socrates berpendapat bahwa pengetahuan adalah suatu kebajikan. Tanpa memahami sifat sebenarnya dari segala sesuatu, tidak mungkin melakukan perbuatan baik, berani, atau bertindak adil. Jadi hanya melalui pengetahuan kita dapat mencapai keahlian karena memungkinkan kita untuk menyadari tindakan kita.

Socrates melihat tugas utama filsafatnya dalam pengetahuan tentang dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, pepatah “kenali dirimu” yang tertulis di kuil Delphic adalah motonya.

Socrates melakukan penelitiannya dalam bentuk percakapan, setelah mengembangkan metode khusus dialektika “Socrates”. Socrates tidak menguraikan filsafatnya secara sistematis (dalam bentuk “akroamatik”) tetapi mempertanyakan lawan bicaranya dan mengajak mereka untuk berpikir sendiri.

Pada saat yang sama, Socrates sering berpura-pura tidak tahu apa-apa (ini sering disebut sebagai ironi Socrates : “yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa”). Kemudian, membawa lawan bicaranya ke kesimpulan yang absurd dengan pertanyaan-pertanyaan yang terampil ( reductio ad absurdum ). Dia akan meyakinkan mereka untuk menilai kembali asumsi mereka dan memecahkan masalah secara filosofis.

Metode ini mendorong minat lawan bicara dan pendengar untuk aktif berpikir. Socrates membandingkan pendekatannya dengan keahlian ibunya dan berkata bahwa dia hanya membantu orang melahirkan ide-ide baru (maieutics).

Filsuf itu bertanya, mendorong lawan bicaranya ke pemikiran dan formulasi baru. Dari mata pelajaran umum, ia beralih ke definisi konsep khusus: apa itu keberanian, cinta, dan kebaikan? Apa itu keadilan? Apa yang baik?

“Yang Saya Tahu Adalah Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-Apa”

Salah satu kutipan Socrates yang paling terkenal adalah, “Yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa.” Kutipan ini terkenal dikaitkan dengan Socrates dan filsafatnya.

Jadi, dari mana kutipan ini berasal? Ini adalah kesalahpahaman yang populer bahwa Socrates mengatakan kutipan ini sebagai cara mengatakan tentang kebijaksanaannya sendiri. Pada kenyataannya, kutipan itu dimaksudkan untuk menjadi jauh lebih dalam dari itu.

Apa yang sebenarnya dikatakan Socrates adalah kita tidak pernah bisa benar-benar mengetahui sesuatu dengan pasti. Kita dapat memiliki keyakinan dan pendapat, tetapi kita tidak pernah tahu pasti apakah itu benar. Ini adalah ide yang sangat filosofis yang telah diperdebatkan oleh para pemikir selama berabad-abad.

Jadi mengapa kutipan ini begitu penting? Itu menantang kita untuk berpikir tentang keyakinan kita sendiri dan untuk mempertanyakan apakah kita benar-benar mengetahui sesuatu atau tidak. Kutipan ini memaksa kita untuk memeriksa proses pemikiran kita dan menjadi lebih kritis terhadap keyakinan kita.

Saat ini begitu banyak orang dengan cepat menerima sesuatu sebagai fakta tanpa mempertanyakannya.  Kutipan ini adalah pengingat yang sangat dibutuhkan bahwa kita harus selalu terbuka untuk mempertanyakan keyakinan kita sendiri.

Oracle Delphic tentang Kebijaksanaan Socrates

Socrates menempuh perjalanan jauh dalam hidup sebelum dia mengembangkan cara dialogis tentang pengetahuan diri. Sudah di masa mudanya, dia menyukai kontemplasi yang bijaksana. Dalam Simposium Plato, Alcibiades menceritakan bahwa sekali, selama pengepungan Potidaea, Socrates berpikir, tidak bergerak dari tempatnya sepanjang hari.

Namun, Socrates diduga belajar tentang kebijaksanaannya secara tidak sengaja. Itu terjadi ketika salah satu pengagumnya bertanya kepada oracle, “Adakah yang lebih bijak dari Socrates?” Peramal Delphic menjawab “Tidak.” Setelah itu, Socrates mulai berkomunikasi dengan orang-orang yang dianggapnya lebih pintar dari dirinya dan menemukan bahwa kebijaksanaan mereka hanyalah khayalan. Lebih dari dua ribu tahun telah berlalu sejak itu, tetapi Socrates masih dianggap sebagai salah satu orang paling bijak yang pernah hidup.

Jelas bahwa pendapat oracle Delphic, yang menikmati pengaruh Helenis, akan segera mendapat publisitas luas. Pilihan oracle yang mendukung Socrates sama saja dengan persetujuan ilahi atas posisinya.

Dengan mengatakan, “yang saya tahu adalah bahwa saya tidak tahu apa-apa,” Socrates melihat jalan kebijaksanaan adalah jalan mencari kebenaran. Dan pencarian ini tidak ada habisnya. Jadi, jalan kebijaksanaan adalah jalan pencarian kebenaran tanpa akhir. Semakin banyak batas pengetahuan manusia berkembang, semakin banyak pencarian pengetahuan lebih lanjut yang tak terhingga dipahami.

Dua Makna Paradoks dari Frase Socrates

Makna refleksi Socrates dalam ungkapan “yang saya tahu adalah bahwa saya tidak tahu apa-apa” terdiri dari dua hal yang paradoks. Pertama, Socrates meragukan keunggulan kebijaksanaannya sendiri atas kebijaksanaan orang lain. Kedua, dia ingin tetapi tidak bisa meragukan kebenaran firman Tuhan.

Untuk mengatasi paradoks tersebut, Socrates memulai penelitiannya dengan survei filosofis terhadap warga negara dan orang asing. Dia ingin tahu orang bijak yang paling bijaksana. Dia ingin membantah ramalan oracle dengan pernyataan: lihatlah, seorang pria yang lebih bijaksana daripada Socrates telah ditemukan.

Jadi, Socrates berbicara dengan politisi, penyair, seniman, dan pengrajin. Dan dia menemukan fakta yang menarik: salah satu dari mereka, setelah mencapai pengetahuan dan kesuksesan di bidang tertentu, diperkuat dengan pendapat bahwa dia sekarang bijak dalam segala hal. Tetapi, pada saat yang sama, tidak ada yang tahu tentang esensi benda di dunia: baik Socrates maupun orang lain.

Namun, Socrates memiliki satu-satunya pengetahuan yang tidak dapat diakses oleh orang lain. Dia menyadari bahwa dia tidak tahu apa-apa, dan orang lain tidak tahu batasan mereka sendiri dan tidak ingin tahu bahwa mereka hanya terlihat bijaksana. Jadi, Socrates melihat keterbatasan pengetahuannya, menunjukkan kesopanan kognitif. Dan orang lain, karena harga diri mereka yang terluka, mengobarkan kebencian terhadapnya.

Socrates mengejutkan dan menyengat orang lain dengan persepsi skeptis dan ironisnya tentang kebijaksanaan manusia. Orang mengira Socrates sangat ahli dalam apa yang dia tuduhkan kepada orang lain. Akhirnya, bagaimanapun, Socrates menyadari bahwa Tuhan adalah yang paling berpengetahuan.

Oracle tidak bermaksud menyebut Socrates dalam ramalan itu, tetapi hanya menggunakan namanya sebagai contoh. Tuhan, dalam ramalannya, ingin mengatakan: orang bijak adalah orang yang, seperti Socrates, menyadari kebijaksanaan manusia itu murah atau tidak berharga sama sekali.

Oleh karena itu, dengan ungkapan “yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa”, Socrates mengungkapkan bahwa ada kebijaksanaan manusia (terbatas) dan ilahi (tanpa batas). Selain itu, filsuf percaya bahwa seseorang, yang paling bijaksana setelah Tuhan, tidak boleh berpikir bahwa mereka tahu apa yang tidak mereka ketahui.

Apakah pernyataan “Yang Saya Tahu Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-apa” bertentangan?

Para sarjana telah memperdebatkan koherensi pernyataan terkenal Socrates, “yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa,” selama berabad-abad. Beberapa orang menafsirkan kata-katanya berarti bahwa dia mengakui ketidaktahuannya sendiri. Yang lain berpendapat Socrates sebenarnya mengatakan dia sangat memahami kondisi manusia dan pengetahuan sejati berasal dari mengakui keterbatasan kita sendiri.

Jadi, interpretasi mana yang benar? Sulit untuk mengatakan dengan pasti, tetapi ada beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan untuk lebih memahami apa yang dimaksud Socrates.

Pertama-tama, penting untuk mengingat konteks sejarah di mana Socrates hidup. Ia lahir di Athena pada abad ke-4 SM, pada masa kekacauan politik dan sosial yang hebat. Selain itu, Socrates sendiri tidak asing dengan kontroversi; dia terkenal diadili dan dieksekusi karena pengaruhnya yang diduga “merusak” pada pemuda Athena.

Mengingat semua ini, mungkin tidak mengherankan Socrates skeptis terhadap klaim apa pun atas pengetahuan absolut. Lagi pula, jika orang paling bijaksana di antara kita pun bisa membuat kesalahan, bagaimana kita bisa yakin bahwa apa pun yang kita pikir kita tahu benar?

Perlu juga mempertimbangkan fakta bahwa Socrates adalah orang yang sangat cerdas dan bijaksana. Dia menghabiskan hidupnya mempertanyakan segalanya dan semua orang, termasuk dirinya sendiri. Jadi, mungkin saja pernyataannya yang terkenal itu hanyalah cerminan dari kesadaran dirinya sendiri dan pandangannya yang rendah hati tentang pengetahuan manusia.

Apa yang bisa kita simpulkan dari semua ini? Sulit untuk mengatakan dengan pasti apa yang dimaksud Socrates ketika dia berkata, “Yang saya tahu hanyalah bahwa saya tidak tahu apa-apa.” Tetapi tampaknya masuk akal untuk percaya bahwa dia mengakui ketidaktahuannya atau mengakui falibilitas pengetahuan manusia. Kata-katanya terus menantang dan menginspirasi kita berabad-abad kemudian.

Jadi, Apa yang Sebenarnya Dimaksud Socrates dengan “Yang Saya Tahu adalah Bahwa Saya Tidak Tahu Apa-apa”?

Salah satu interpretasi yang mungkin adalah bahwa dia hanya mengakui falibilitasnya sendiri dan kurangnya kemahatahuannya. Lagipula, orang yang paling bijak pun tidak bisa mengetahui segalanya.

Cara lain untuk melihat pernyataan ini adalah dengan melihatnya sebagai pengakuan atas batas-batas inheren pengetahuan manusia. Kita tidak pernah bisa benar-benar mengetahui sesuatu dengan pasti, dan bahkan keyakinan kita yang paling kuat pun bisa salah. Tentu saja, ini tidak berarti kita harus menyerah untuk belajar dan memahami dunia di sekitar kita, tetapi mengingatkan kita bahwa kita harus selalu terbuka terhadap informasi dan perspektif baru.

Pada akhirnya, tidak ada jawaban pasti atas apa yang dimaksud Socrates dengan pernyataannya yang terkenal itu. Tetapi apakah Anda menafsirkannya sebagai pengakuan rendah hati tentang falibilitas atau klaim mendalam tentang batas-batas inheren pengetahuan manusia, tidak ada keraguan bahwa itu mengandung banyak kebijaksanaan.* bulir.id

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama