Paus Benediktus XVI Dimakamkan, Puluhan Ribu Orang Hadir Berduyun-duyun

Paus Benediktus XVI Dimakamkan, Puluhan Ribu Orang Hadir Berduyun-duyun



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Puluhan ribu orang tampak menghadiri pemakaman mantan Paus Benediktus XVI di Basilika St Peter, Vatikan, pada hari ini, Kamis (5/1).


Prosesi ini menyedot perhatian umat Katolik di berbagai belahan dunia. AFP melaporkan bahwa sekitar 1,3 miliar orang Katolik memantau prosesi pemakaman itu melalui radio dan televisi.

Untuk mengamankan acara ini, pihak berwenang Vatikan mengerahkan sekitar seribu petugas keamanan.

Sejumlah pemimpin negara juga dilaporkan hadir di pemakaman eks Paus Benediktus XVI itu.

Mereka di antaranya Presiden Polandia Andrzej Duda, Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa, dan Presiden Hungaria Katalin Novak.



Paus Fransiskus memimpin langsung prosesi pemakaman tersebut. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah, seorang kepala Gereja Katolik memimpin pemakaman mantan paus.

Prosesi pemakaman diawali dengan bunyi lonceng dari gereja, disambut alunan doa dari paduan suara. Fransiskus lalu memanjatkan doa di depan jenazah Benediktus.

Benediktus kemudian akan dimakamkan di ruang bawah tanah Basilika St Peter. Tempat ini mulanya menjadi makam John Paul II sebelum dibeatifikasi pada 2011.

Beatifikasi merupakan tahap pertama proses menjadikan seseorang yang sudah mati jadi orang suci dalam ajaran Gereja Katolik.

Paus Benediktus XVI meninggal dunia pada 31 Desember 2022 usai kesehatannya memburuk.

Vatikan lalu membaringkan jenazah mantan paus tersebut di Basilika St Peter selama tiga hari. Sepanjang rentang waktu ini, puluhan ribu orang dilaporkan melayat.



Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama