WASPADA! Eks-Siklon Tropis Ellie Sebabkan Angin Kencang di NTT

WASPADA! Eks-Siklon Tropis Ellie Sebabkan Angin Kencang di NTT



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan tekanan rendah di Barat Australia (eks-Siklon Tropis Ellie)  berdampak terhadap peningkatan kecepatan angin di wilayah NTT. 

Selain itu, ada juga gelombang atmosfir equatorial Rossby yang turut mempengaruhi curah hujan dengan intensitas ringan – lebat yang disertai petir.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi,  Selasa 3 Januari 2023 menyatakan wilayah NTT berada di periode puncak musim hujan dengan kondisi suhu muka laut yang hangat dan kelembapan udara yang basah di tiap lapisan atmosfer.

Ia mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi. Pada tanggal 3-5 Januari 2023 sejumlah wilayah di NTT akan terjadi hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Pada  3 Januari, kata dia, wilayah berpotensi terjadi cuaca seperti demikian yakni Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu,Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Pada tanggal 4 Januari 2023, di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu,Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Sementara pada  5 Januari di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Sebelumnya, Stasiun Maritim Tenau Kupang menyebutkan di durasi tanggal yang sama kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa bagian Timur, samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, samudera Hindia Selatan Kupang, Laut Sawu, perairan Kupang - Rote, Perairan Sabu, Laut Timor, Arafuru barat dan Sawu.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari barat laut - timur laut dengan kecepatan berkisar 6-20 Knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan berkisar 8-30 Knot," kata kepala Stasiun Syaeful Hadi. *





 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama