Ada Penyelundupan ke Timor Leste, Harga Beras di NTT Bisa Capai Rp 20.000 per Kg

Ada Penyelundupan ke Timor Leste, Harga Beras di NTT Bisa Capai Rp 20.000 per Kg

Bulog impor beras dari Vietnam. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, ada indikasi beras milik Perum Bulog diselundupkan ke negara Timor Leste melalui Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di NTT Beras Bulog dijual dengan harga Rp 17.000 hingga Rp 20.000 per kg.

Penyelundupan ini tentu akan merugikan pemerintah Indonesia karena permintaan tengah melakukan operasi pasar Bulog untuk menurunkan kenaikan harga beras. Namun dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Bahkan beras dari Cipinang itu bisa hari ini jalan sampai ke Atambua dan itu dijual dengan harga yang sangat mahal. Ada indikasi beras ini akan diselundupkan ke Timor Leste," kata Budi dalam acara konferensi pers Dugaan Penyimpangan Distribusi Beras, Banten, Jumat (10/2).

Pihaknya akan terus menindaklanjuti kasus tersebut karena menurutnya ada unsur kesengajaan. "Ini merupakan wujud kegiatan mafia yang tujuannya kepada negara ini bisa dikenakan UU Subversi. Nanti kita lihat saja ya tapi ini langkah awal dari penindakan hukum yang dilakukan jajaran kepolisian khususnya pedagang," terang dia.

Sebagai informasi, Kepolisian Daerah Banten (Polda Banten) mengamankan sebanyak 350 ton beras milik Perum Bulog, yang sudah dikemas ulang menggunakan kemasan premium. Selain itu, juga diamankan 7 tersangka pelaku penyelewengan pendistribusian beras Bulog.

"Ada 7 tersangka yakni HS (36), AL (58), BR (31), FR (42), KM (66) dan IG (30). Ada 5 tempat yakni di Lembak, Cilegon, Serang Kabupaten, Serang Kota dan Pandeglang," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto, dalam acara konferensi pers Dugaan Penyimpangan Distribusi Beras, Banten, Jumat (10/2). *** merdeka.com



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama