Mari Belajar dari Kasus Ammar Zoni, Inilah 5 Tips Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

Mari Belajar dari Kasus Ammar Zoni, Inilah 5 Tips Menghindari Penyalahgunaan Narkoba



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Narkoba merupakan sebuah masalah yang sangat serius di seluruh dunia dan satu dari banyak tantangan yang dihadapi oleh negara.

Tidak hanya masyarakat umum saja, kalangan publik figur seperti baru-baru ini Ammar Zoni kembali menjadi pesakitan dengan kasus dan pola yang sama.

Tidak sedikit individu yang mencoba untuk menangani kecanduan adalah bagaimana mereka dapat menjaga agar tidak kembali ke kecanduan narkoba setelah mereka pulih.

Meskipun tidak mudah, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu seseorang menghindari kembali ke kecanduan narkoba untuk kedua kalinya.

Dikutip Setapak Rai Numbei dari Kanal YouTube DAAI Family pada Minggu 12 Maret 2023, berikut ini beberapa cara menjaga diri agar tidak terjerembab ke dunia hitam narkoba apalagi sampai dua kali.

1.Kesehatan Mental dan Fisik

Menjaga kesehatan mental dan fisik dapat membantu mencegah seseorang kembali ke kecanduan narkoba. Ini termasuk olahraga teratur, menghindari stres berlebihan, dan memperhatikan nutrisi.

Melakukan kegiatan yang membantu meredakan stres seperti yoga, meditasi atau terapi dapat membantu seseorang menjaga kesehatan mental dan fisik mereka.

2. Menjauh dari Teman yang Menggunakan Narkoba

Salah satu faktor risiko utama untuk kembali ke kecanduan narkoba adalah memiliki teman-teman yang terus menggunakan narkoba.

Maka, menjauh dari teman-teman yang menggunakan narkoba dapat membantu mencegah seseorang kembali ke kecanduan narkoba.

Jika teman-teman yang sebelumnya menggunakannya, tidak bisa dihindari, cobalah untuk menjaga jarak dan membatasi interaksi dengan mereka.

3. Bergabung dengan Kelompok Dukungan

Bergabung dengan kelompok dukungan seperti AA atau NA dapat memberikan seseorang dukungan dan alat yang dibutuhkan untuk mencegah kembali ke kecanduan narkoba.

Bergabung dengan kelompok dukungan juga dapat membantu seseorang mendapatkan dukungan sosial yang diperlukan dan juga belajar dari pengalaman orang lain.

4. Menghindari Situasi yang Menimbulkan Stres

Situasi yang menimbulkan stres seperti tekanan kerja atau masalah keuangan dapat memicu seseorang untuk kembali ke kecanduan narkoba.

Oleh karena itu, menghindari situasi-situasi yang menimbulkan stres dan mencari cara untuk mengatasi stres yang sehat dapat membantu mencegah kembali ke kecanduan narkoba.

5. Menjaga Kontak dengan Terapis atau Konselor

Menjaga kontak dengan terapis atau konselor setelah selesai menjalani program pemulihan juga sangat penting dalam mencegah kembali ke kecanduan narkoba.

Terapis atau konselor dapat membantu seseorang memahami dan mengatasi masalah yang mungkin memicu kembali ke kecanduan narkoba seperti yang terjadi dengan Ammar Zoni.***

 


Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama