SMAN Harekakae di Kabupaten Malaka NTT Tak Larang Siswanya Ikut Ujian Walau Tunggak Uang Sekolah

SMAN Harekakae di Kabupaten Malaka NTT Tak Larang Siswanya Ikut Ujian Walau Tunggak Uang Sekolah

KEPSEK - Kepala Sekolah SMA Negeri Harekakae, Robertus Bria Tahuk. Gambar diambil dalam ruangan kerjanya, Senin 27 Maret 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Sekolah Menengah Atas atau SMA Negeri Harekakae di Desa Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka tidak melarang siswanya untuk ikut ujian walaupun menunggak iuran komite sekolah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN Harekakae, Robertus Bria Tahuk kepada Pos Kupang ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin 27 Maret 2023 membenarkan hal tersebut.

"Ia benar, para siswa khususnya kelas XII baik yang sudah lunas iuran komite sekolah ataupun bagi yang belum melunasi berhak mengikuti ujian," jawabnya.

Dikatakannya, kebijakan sekolah mustinya memperhatikan atau mempertimbangkan rasa kemanusiaan.

"Semua siswa ini adalah anak-anak Malaka dan generasi muda penerus bangsa Indonesia," katanya.

Menurutnya, bagi siswa kelas XII SMA Negeri Harekakae dalam tahun pelajaran 2022/2023 akan mengikuti ujian akhir sekolah supaya mereka tamat dari SMA.

"Sehingga jangan membuat kebijakan amburadul yang akan menghambat masa depan anak - anak atau siswa itu sendiri," tegasnya.

Dijelaskannya, bagi siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian tertulis untuk seluruh mata pelajaran yang sesuai dengan kesepakatan musyawarah kerja kepala sekolah semua SMA akan melaksanakan ujian tertulis pada tanggal 11-21 April 2023 mendatang.

"Kepada siswa yang akan mengikuti ujian tersebut memang diberikan syarat atau kriteria yang pertama dia masuk dalam daftar peserta tetap yang kedua dia mengikuti seluruh rangkaian proses pembelajaran. Ketiga dia harus melunasi keuangan komite atau iuran komite sekolah," bebernya.

Nah, lanjut Robertus Bria Tahuk, pada poin yang ketiga tersebut dalam perjalanan uang komite iuran komite sekolah tersebut belum lunas maka kepada orang tua datang berkomunikasi dengan pihak sekolah supaya diambil kebijakan.

"Siswa tidak boleh dihambat untuk mengikuti ujian tetapi orang tua datang berkomunikasi dengan pihak sekolah supaya kebijakan kita tempuh dalam batas waktu tertentu orang tua melengkapinya atau melunasi. Ketika dalam batas waktu yang disepakati orang tua bersama dengan pihak sekolah belum juga ditepati maka orang tua pun secara etis datang bertemu kembali dengan pihak sekolah untuk berkomunikasi lebih lanjut," demikian.

Inilah beberapa hal karena siswa yang sekolah disini adalah anak-anak Malaka lalu tindakan kita juga harus tindakan manusiawi.

"Dengan demikian anak merasa tidak terganggu secara psikologis ini jalur yang kita tempuh atau ambil demi generasi muda generasi penerus masa depan kabupaten Malaka ini," ungkapnya.

Robertus Bria Tahuk berharap, bahwa kepada seluruh siswa kelas XII dengan berbagai syarat atau kriteria yang ada tidak boleh merasa terganggu apalagi beban.

"Para siswa diperkenankan untuk mengikuti segala proses ujian yang ada dan yang berikutnya kepada orang tua supaya selalu pro aktif datang berkomunikasi dengan pihak sekolah sebagai orang tua daripada anak-anak dalam proses pembimbingan di lembaga pendidikan tersebut," tandasnya.

Sebagai informasi jumlah siswa kelas XII SMA Negeri Harekakae secara keseluruhan sebanyak 290 siswa.

Dengan rincian, kelas XII program studi Bahasa (IBB) sebanyak 45 siswa , Ilmu Alam (MIA) sebanyak 101siswa, dan IPS sebanyak 144 siswa. (Nbs)

***
Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul SMAN Harekakae di Malaka Tak Larang Siswanya Ikut Ujian Walau Tunggak Uang Sekolah, https://kupang.tribunnews.com/2023/03/27/sman-harekakae-di-malaka-tak-larang-siswanya-ikut-ujian-walau-tunggak-uang-sekolah.

 




Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama