Romo Marianus Berkati Bayi Kembar Siam dan Tim Medis Jelang Operasi di RSUD Larantuka, Flores Timur NTT

Romo Marianus Berkati Bayi Kembar Siam dan Tim Medis Jelang Operasi di RSUD Larantuka, Flores Timur NTT

BERKAT - Pemberkatan secara rohani jelang operasi pemisahan tubuh bayi kembar siam di RSUD Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Sabtu 6 Mei 2023. Bayi kembar siam yang lahir dengan penyatuan tubuh bagian perut dipastikan menjalani operasi di RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka,Flores Timur. 


Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Romo Marianus Dewantor Welan, Pr memberikan berkat kepada bayi kembar siam dan tim medis yang akan melakukan operasi pemisahan tubuh di RSUD. dr Hendrikus Fernandez Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Imam katolik menjabat Direktur Karitas Keuskupan Larantuka dan Delsos atau Ketua PSE Keuskupan Larantuka ini mengawali pemberkatan dengan ibadat singkat.

Di depan ruang rapat RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, Romo Marianus memercikan air berkat untuk memperoleh rahmat Tuhan kepada bayi kembar siam jenis kelamin perempuan bernama, Lorentina dan Lorentini yang saat ini berada di ruangan PICU.

"Kami mohon kepadamu, terimalah juga doa dan pujian kami untuk anak Lorentina dan Lorentini yang boleh hadir di tengah dunia melalui orang tua mereka," tuturnya, Sabtu 6 Mei 2023 pukul 19.30 Wita.

Permohonan ini disinkronkan dengan peristiwa Yesus Kristus saat memanggil anak-anak untuk datang kepadanya.

Hal ini dapat memberikan peneguhan kepada semua orang, khususnya Fransiskus Boli (33) dan Emiliana Pone Aran (26), orang tua bayi siam.

Romo Marianus juga optimis bahwa operasi menuai hasil positif atas berkat Tuhan lewat tangan para dokter spesialis dari Surabaya, Kupang, dan Maumere.

"Lindungilah mereka dari malapetaka atas badan dan jiwa, semoga mereka mengalami kasih dan kedamaian melalui peristiwa ini," tuturnya disusul kata amin semua yang hadir.

Sementara informasi yang dihimpun dari RSUDLarantuka, pagi ini tim medis sudah mengarakan bayi kembar siam menuju ruangan operasi, Minggu 7 Mei 2023.

Bayi kembar siam yang lahir pada tanggal 28 April 2023 kemarin merupakan yang pertama terjadi di Flores Timur dan NTT.

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, mengajak semua warga untuk berdoa agar operasi yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

"Kita tetap dukung dalam doa. Harapan operasi bisa selesai dengan baik, kita punya niat yang sama untuk kebaikan anak kita," ujarnya saat konverensi pers di ruangan rapat RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, Sabtu 6 Mei 2023.

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik, tim medis RSUD dr. Soetomo Surabaya, Gubernur NTT melalui Dirut RSUD Prof. Dr. W Z Johannes Kupang, dan RSUD dr. TC Hillers Mahmere.

Ajak Doa Bersama

Sebelumnya, bayi kembar siam yang lahir dengan penyatuan tubuh bagian perut dipastikan menjalani operasi di RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, Kabupaten Flores Timur pada, Minggu 7 Mei 2023.

Operasi pemisahan tubuh kembar siam jenis kelamin perempuan itu dilakukan para dokter spesialis dari Surabaya, Kupang, dan Maumere lengkap dengan obat-obatan dan alat kesehatan.

Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, mengajak semua warga untuk berdoa agar operasi yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wita berjalan lancar dan menuai hasil positif.

"Kita tetap dukung dalam doa. Harapan operasi bisa selesai dengan baik, kita punya niat yang sama untuk kebaikan anak kita," ujarnya saat konverensi pers di ruangan rapat RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, Sabtu 6 Mei 2023.

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik, Gubernur NTT melalui Dirut RSUD Prof. Dr. W Z Johannes Kupang yang turut membantu.

Menurut Penjabat Bupati Doris, meski fasilitas kesehatan masih terbatas, namun ia optimis proses operasi dapat memperoleh hasil maksimal berkat dukungan semua pihak.

"Tentu memiliki keterbatasan, tetapi kami sangat kuat menghadapi masalah kesehatan ini oleh karena keterlibatan semua pihak yang dapat hadir membantu anak kami," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Operator RSUD dr. Soetomo Surabaya, Dr. dr Kohar Hari Santoso, Sp. An. KIC, KAP, mengatakan pihaknya sudah selesai memantau kondisi bayi kembar siam serta kesiapan ruangan operasi.

"Kami melihat ini sudah saat yang optimal untuk kita bisa lakukan tindakan operasi," ungkapnya.

Operasi ditangani dokter Spesialis Bedah anak atau SpBA (K), Spesialis Anak atau SpA (K), Spesialis Anestesi atau Sp An (K), Spesialis Bedah Thorax Kardiovaskuler atau Sp BTKV (K), dan Spesialis Bedah Plastik atau SpBP (K).





.

 

 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama