Terungkap, Pelaku Penembak Pelajar di Kabupaten Malaka NTT, Sebelumnya Rencanakan Aksi Bersama 8 Rekan Lainnya

Terungkap, Pelaku Penembak Pelajar di Kabupaten Malaka NTT, Sebelumnya Rencanakan Aksi Bersama 8 Rekan Lainnya

TERSANGKA - Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledo, SH, SIK memperlihatkan pelaku penembakan pelajar Malaka hingga tewas, saat konferensi pers, Kamis 4 Mei 2023. Seorang pelaku penembakan terhadap KAN (15), pelajar SMP Negeri Loofoun Bone berhasil ditangkap pihak kepolisian resor atau Polres Kabupaten Malaka. Kamis 4 Mei 2023. 



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)JBS, pelaku penembak pelajar SMP Negeri Loofoun Bone atas nama KAN (15) hingga tewas. Ia mengakui bahwa perbuatannya ini melibatkan sebanyak 8 orang rekan lainnya. Sehingga jumlah mereka sebanyak 9 orang.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Malaka, AKBP Rudi Junus Jacob Ledo, SH., SIK saat konferensi pers, Kamis 4 Mei 2023.

Dalam konferensi pers tersebut, JBS dihadirkan. Dia memakai baju orange, berdiri membelakangi wartawan.

"Ia mengakui perbuatannya direncanakan sebelumnya bersama sebanyak delapan orang rekan lainnya," sebut AKBP Rudi Junus Jacob Ledo.

Sehingga, awalnya pihaknya melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan atas upaya dan kerja keras dari Satuan Reskrim Polres Malaka, Satuan Intelkam Polres Malaka dan dibantu oleh Resmob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Atambua. Maka pada Rabu 3 Mei 2023 sekitar pukul 01.00 Wita dini hari, telah ditangkap pelaku JBS.

"Setelah pelaku JBS ditangkap ia menjalani pemeriksaan dan mengaku dialah yang melakukan penembakan terhadap korban KAN menggunakan senapan angin pcp merk benyamin mauruder ini," ungkapnya.

Menurutnya, pelaku JBS memang mengakui ia adalah penembak tunggal tapi sebelumnya pelaku merencanakan aksi penembakan ini bersama 8 orang rekan lainnya.

"Berdasarkan keterangan dan pengakuan dari pelaku JBS tim langsung melakukan pencarian barang bukti dan memburu terhadap 8 terduga pelaku lainnya. Sehingga pada Rabu 3 Mei 2023 sekitar pukul 14.00 Wita, tim berhasil menemukan lagi barang bukti berupa senapan angin yang disembunyikan pelaku di rumah saudaranya bernama C yang beralamat di Desa Alkani, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka," demikian.

Pada Rabu 03 Mei 2023 sekitar pukul 21.00 Wita, tim berhasil mengamankan lagi dua terduga pelaku yakni bernama R di Desa Alkani, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka.

"Sehingga kedua terduga pelaku bernama C dan R berhasil diamankan timnya. Jadi seharusnya kedua terduga pelaku tersebut ikut dihadirkan bersama pelaku JBS dalam konferensi pers akan tetapi keduanya masih dalam pemeriksaan tim penyidik. Praktis ketiga pelaku saat ini sudah menjadi tahanan Polres Malaka," tegasnya.

Sementara, sebanyak 6 orang terduga pelaku lainnya masih diburu hingga saat ini.

"Ia kita berharap supaya mereka menyerahkan diri. Karena tidak akan dibiarkan begitu saja," tegasnya.

Sebelum peristiwa naas tersebut, KAN bersama 13 temannya latihan pencak silat PSHT di halaman SDK Kota Bone, Dusun Kota Bone, Kecamatan Weliman, Jumat 28 April 2023.

"Tiba-tiba ada suara letusan senapan angin yang berasal dari arah utara tempat korban dan para saksi latihan. Karena merasa panik korban bersama para saksi lari berhamburan meninggalkan tempat latihan," beber Kapolres Malaka.

KAN bersama para saksi lainnya berlindung di salah satu rumah, tak jauh dari tempat latihan.
Kemudian korban memberitahukan kepada saksi IIN bahwa dia terkena tembakan.

"Setelah memberitahu saksi IIN korban langsung terjatuh di tanah. Saksi berusaha memapah korban ke dalam rumah," terang Kapolres Malaka.

"Sampai di dalam rumah korban terlihat darah mengalir dari pelipis bagian kanan dan korban mulai lemas," tambahnya.

Ketika melihat korban mulai lemas, lanjut Kapolres Malaka, saksi IIN dan keluarga langsung membawa korban ke RSUPP Betun untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Namun pada Minggu 30 April 2023 sekitar pukul 10.00 Wita korban dinyatakan meninggal dunia," ujar Kapolres Malaka. (Nbs)




 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama