Inspiratif! Kepala Desa di Malaka Jalan Kaki Hantar KTP dan Kartu Keluarga ke Rumah Warga

Inspiratif! Kepala Desa di Malaka Jalan Kaki Hantar KTP dan Kartu Keluarga ke Rumah Warga

Kepala Desa di Malaka Jalan Kaki Hantar KTP dan Kartu Keluarga ke Rumah Warga



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk) Kepala Desa Taaba, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, NTT, Ida Hoar Nahak sungguh memaknai jabatannya sebagai pelayan masyarakat.

Ia rela berjalan kaki dari rumah ke rumah untuk menyerahkan dokumen kependudukan yang baru saja ia urus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malaka. Dokumen tersebut antara lain,  kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). 

Ketika dihubungi, Kamis,  6 Juli 2023, Kades Ida mengatakan, sebelum menjadi kepala desa, masyarakat sudah terbiasa meminta bantuan dirinya untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan dokumen lainnya. 

Setelah jadi kepala desa, masyarakat juga masih meminta bantuan yang sama. Menyadari akan jabatannya sebagai kepala desa yang adalah pelayan masyarakat, Ida Nahak selalu memenuhi permintaan masyarakat.

"Dari dulu masyarakat biasa minta bantuan ke saya untuk urus KTP, KK dan dokumen lainnya. Sekarang sudah jadi kepala desa, mereka masih minta bantuan dan saya tetap penuhi permintaan mereka," katanya. 

Kades yang baru menjabat lima bulan ini tampaknya lebih semangat lagi untuk mengurus dokumen kependudukan masyarakatnya karena salah satu misi kepemimpinannya adalah penduduk Desa Taaba harus mencapai 100 persen kepemilikan dokumen kependudukan, terutama KTP, KK, Akte Pernikahan dan Akte Kelahiran. 

Untuk mewujudkan misi tersebut, Kades Ida terus mendorong masyarakat untuk segera mengurus dokumen kependudukan dan ia proaktif mengurus dokumen kependudukan bagi masyarakat.

Bila masyarakat mengalami kendala semacam keterbatasan waktu, biaya atau kurang memahami alur proses pengurusan, maka bisa meminta bantuan pemerintah desa untuk mengurusnya.

"Salah satu persoalan di desa saya adalah masih ada penduduk yang belum memiliki KTP dan KK sehingga saat ada keperluan yang membutuhkan KTP dan KK, mereka datang minta bantuan  jadi saya harus cepat-cepat ke dinas untuk urus," tuturnya. 

Ida Nahak menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka yang selalu bekerja sama dan mendukung semangat kerja dari para kepala desa dalam mengurus dokumen kependudukan masyarakat. Bila pola kerja sama ini tetap dijaga bahkan ditingkatkan, maka keluhan masyarakat mengenai pengurusan dokumen kependudukan secara berlahan-lahan menurun. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Malaka. Sejauh ini, saya urus dokumen kependudukan masyarakat tidak mengalami kendala. Sebagai kepala desa, kami melayani masyarakat dan dinas juga seperti itu sehingga prosesnya lancar," kata Ida. *






 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama