Unik Potret Tradisi Angkat Rumah di Kabupaten Sikka Flores NTT

Unik Potret Tradisi Angkat Rumah di Kabupaten Sikka Flores NTT



Setapak Rai Numbei (Dalan Inuk)Tradisi Witi Orin atau memindahkan rumah dengan cara di angkat secara gotong royong masih dilestarikan masyarakat di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tradisi ini tak hanya sekadar semangat memindahkan rumah, tetapi momentum itu menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan.

Seperti di Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Senin 9 Oktober 2023, gotong royong bukan sekedar slogan tetapi memang budaya yang hidup dan menjadi tradisi unik yang disebut Witi Orin atau memindahkan rumah. Tradisi ini masih hidup dan terus dilestarikan penduduk desa yang tinggal di wilayah pesisir.



Ritual pemindahan rumah diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin perwakilan pemuka agama. Doa dipanjatkan agar ritual berjalan lancar dan penghuninya mendapatkan keberkahan.

Setelah itu seluruh warga desa, bahkan dibantu warga desa sebelah, berdiri di seluruh tiang-tiang rumah.

Di bawah komando salah satu warga yang berdiri di tiang depan, warga tua dan muda, pria dan wanita, secara bergotong royong dan serentak mengangkat dan menggotong rumah tersebut menuju lokasi baru.

Karena beratnya rumah yang harus digotong, tidak jarang mereka harus berhenti sejenak untuk beristirahat. Setelah cukup beristirahat, warga pun menggotong kembali rumah ke tempat yang dituju.

Menurut warga, tradisi mengangkat rumah merupakan tradisi turun temurun. Tak hanya sekadar semangat memindahkan rumah, tetapi momentum itu menjadi ajang silaturahmi dan kebersamaan.

Selain itu, alasan lainnya rumah dipindahkan dengan cara diangkat adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan gotong royong antarwarga. Sebab, para warga akan berkumpul bersama dan saling membantu satu sama lain.

Rumah warga yang ada di wilayah pesisir umumnya berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu. Maka dari itu, masyarakat dapat memindahkan rumahnya secara utuh.

Usai mengangkat rumah, para warga akan dijamu tuan rumah dengan makanan lokal saat momen angkat rumah. *** medcom.id



 

Suara Numbei

Setapak Rai Numbei adalah sebuah situs online yang berisi berita, artikel dan opini. Menciptakan perusahaan media massa yang profesional dan terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana dalam memahami dan menyikapi segala bentuk informasi dan perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar hindari isu SARA

Lebih baru Lebih lama